Sleman (ANTARA News) - Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia dipimpin Soepriyatno, Senin, mengunjungi Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, untuk mendapat masukan masalah kesehatan, tenaga kerja, transmigrasi, keluarga berencana, dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial.

"Kami mengajak pejabat eselon I dari Kementerian Kesehatan, Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, dan pejabat terkait lainnya untuk berdialog, diskusi serta menerima aspirasi yang dibutuhkan dan yang kira-kira bisa dilakukan Komisi IX," kata Soepriyatno.

Menurut dia, Komisi IX mempunyai program utama untuk revitalisasi Balai Latihan Kerja (BLK) menyongsong UU Perlindungan Tenaga Kerja di luar negeri. "BLK menjadi sesuatu yang penting bagi kabupaten apabila nanti undang-undang diterapkan," katanya.

Rombongan diterima Bupati Sleman Sri Purnomo didampingi Ketua DPRD Sleman Kuswanto, tiga staf ahli bupati, Direktur RSUD Murangan serta pimpinan SKPD.

Sri Purnomo mengatakan, langkah-langkah penurunan angka pengangguran terus dilakukan melalui bursa kerja yang banyak dilakukan perguruan tinggi dan berbagai pihak. Namun seringkali pelaksanaannya di pusat perkotaan atau di kampus-kampus.

"Bahkan juga banyak informasi pasar kerja online, namun realitanya informasi bursa kerja ini hanya dapat diakses terbatas oleh masyarakat di pusat kota yang memiliki tingkat ekonomi menengah ke atas untuk mengakses informasi ini," katanya.

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014