Abuja (ANTARA News) - Para pesepak bola Nigeria akan mendapatkan bonus masing-masing sebesar 100.000 dolar, seandainya juara Afrika itu memenangi setiap pertandingan di Piala Dunia dan menjadi juara, menurut jumlah yang diajukan kepada parlemen.

Federasi Sepak Bola Nigeria (NFF) meminta para anggota parlemen menyetujui permintaan dana sebesar 7,2 juta dolar sebagai upaya tim Elang Super untuk menjadi negara Afrika pertama yang menjuarai ajang tersebut.

Setiap pemain akan mengantungi 10.000 dolar untuk setiap kemenangan di fase grup, menurut anggaran, yang diajukan pada Senin.

Kemenangan-kemenangan di fase 16 besar akan mendatangkan bonus sebesar 12.000 dolar, 15.000 dolar di perempat final, 20.000 dolar di semifinal, dan 30.000 dolar di final itu sendiri.

Sebagai tambahan, setiap orang dari tim berisi 23 pemain itu akan mendapatkan tunjangan harian sebesar 200 dolar, sehingga potensi total bonus kemenangan dan tunjangan selama 32 hari kompetisi itu berjumlah 2,6 juta dolar.

Dana yang tersisa akan ditujukan untuk menggaji para pelatih dan staf-staf, biaya akomodasi, tiket pesawat terbang kelas bisnis, dan pemusatan latihan tim di AS dan Brazil.

Nigeria sebelumnya sempat dihantam masalah-masalah keuangan, khususnya perihal besaran bonus-bonus kemenangan yang telah memanaskan diskusi-diskusi antara para pemain dan NFF.

Pelatih Stephen Keshi dan para asistennya telah menjalani bulan-bulan tanpa mendapat gaji, sehingga memaksa pemerintah, yang mendanai NFF, untuk mengambil alih masalah itu.

Kapten Nigeria Vincent Enyeama meminta pria Afrika terkaya, yang merupakan penguasa bisnis tepung, gula, dan semen Aliko Dangoute, untuk memenuhi janjinya yakni memberi bonus kepada timnas sebesar satu juta dolar.

Dangote, yang kekayaannya bernilai sebesar 25 miliar dolar pada bulan ini, menurut majalah Forbes, merupakan salah satu dari beberapa warga kaya di Nigeria yang berjanji mengucurkan uang jika tim itu menjuarai Piala Afrika 2013.

Saat dihubungi AFP, tidak seorang pun yang dapat dimintai komentarnya di kantor Dangote, namun hartawan ini dilaporkan telah berkata kepada BBC, bahwa ia menanti kabar dari NFF.

"Kami akan menulis kepada mereka, meminta nomor-nomor akun para pemain kemudian kami akan segera mentransfer," ucapnya seperti dikutip situs olahraga perusahaannya yang dilansir AFP.

Pekan lalu, pemerintah negara bagian Cross River selatan menjanjikan lahan di kota Calabar untuk diberikan kepada masing-masing pemain dan ofisial terkait dengan kesuksesan di Piala Afrika 2013.

(Uu.H-RF/I015)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014