... akan memungkinkan Amerika Serikat untuk memanfaatkan dukungan yang signifikan dari IMF untuk Ukraina hari ini dan untuk krisis tak terduga serupa di masa mendatang... "
Washington, (ANTARA News) - Komite Hubungan Luar Negeri Senat Amerika Serikat, Rabu, menyetujui RUU bantuan pinjaman kepada Ukraina yang sedang dilanda krisis dan meratifikasi langkah-langkah reformasi untuk Dana Moneter Internasional (IMF).

Komite Senat dengan suara 14-3 menyetujui pembuatan undang-undang yang akan memberikan sekitar satu miliar dolar AS dalam jaminan pinjaman untuk mendukung perekonomian Ukraina. Komite juga memberikan lampu hijau untuk reformasi IMF yang telah lama tertunda.

RUU itu termasuk reformasi yang diperlukan untuk partisipasi Amerika Serikat di IMF, yang akan memungkinkan Amerika Serikat untuk memanfaatkan dukungan yang signifikan dari IMF untuk Ukraina hari ini dan untuk krisis tak terduga serupa di masa mendatang," kata Ketua Komite Hubungan Luar Negeri Kongres Amerika Serikat, Robert Menendez.

Dalam pernyataannya setelah pemungutan suara, Menteri Keuangan Amerika Serikat, Jacob Lew, menyebut tindakan itu langkah maju penting dalam meloloskan reformasi IMF 2010.

Pembuatan undang-undang masih ditunda untuk keputusan Senat secara penuh dan mungkin menghadapi perlawanan. 

Selain itu, karena legislasi yang disahkan Parlemen Amerika Serikat, pekan lalu tidak termasuk ketentuan IMF, tidak jelas apakah Parlemen Amerika Serikat akan setuju menghubungkan bantuan ke Ukraina dengan langkah-langkah reformasi IMF.

Pihaknya juga tidak mengetahui apakah Kongres bisa menyelesaikan proses legislatif RUU sebelum anggota parlemen libur untuk reses pada Jumat.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014