DKI dan Lampung kerja sama penyediaan bahan pangan

DKI dan Lampung kerja sama penyediaan bahan pangan

Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (ANTARA FOTO)

Lampung akan dijadikan kota penyangga bagi Jakarta, karena jarak laut yang hanya 30 menit
Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan Pemprov Lampung terkait penyediaan kebutuhan pangan.


"Lampung akan dijadikan kota penyangga bagi Jakarta, karena jarak laut yang hanya 30 menit," kata Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo di Balai Kota Jakarta, Jumat.


Namun ia berharap, nantinya bahan pangan yang masuk ke Jakarta sudah merupakan barang jadi, bukan barang mentah.

"Jadi nanti misalnya sayur sudah bersih, kelapa sudah dibuang sabutnya, sapi sudah berbentuk daging," kata Gubernur yang akrab disapa Jokowi itu.

Dengan MoU tersebut maka nanti akan ada sinergi antar-BUMD masing-masing daerah. Dalam kerja sama ini DKI Jakarta menunjuk PD Pasar Jaya

Bagi DKI, kerjasama selama satu tahun tersebut dapat memenuhi kebutuhan produk pangan terutama sayuran dan buah karena permintaan terus meningkat 4,55 persen tiap tahunnya.

Sementara permintaan konsumen untuk produk berkualitas meningkat 10 persen per tahun, supermarket meningkat 2,8 persen per tahun, dan minimarket 2,8 persen per tahun.

Selain itu, kerja sama ini dapat menekan dampak negatif pada lingkungan akibat sampah sayur dan buah karena produk yang dikirim ke Jakarta sudah merupakan barang jadi.

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2014

Komentar