Kulon Progo (ANTARA News) - Ketua Dewan Pimpinan Cabang Partai Amanat Nasional Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Hamam Mutaqim mengatakan calon anggota legislatif perempuan yang diusung partainya dikenal masyarakat dan memiliki arah perjuangan membela kaumnya.

"Negara akan lebih sejahtera dan aman tatkala yang terlibat di dalamnya perempuan. Mereka adalah pejuang bagi kaumnya dalam mengisi pembangunan dan penggerak kemajuan bagi kaum perempuan," kata Hamam di Kulon Progo, Sabtu.

Ia mengatakan Partai Amanat Nasional (PAN) Kulon Progo menyiapkan calon anggota legislatif (caleg) secara sungguh-sungguh seperti memberikan diklat dan arahan-arahan dalam politik.

"Kami betul-betul mempersiapkan caleg perempuan. Mereka kami berikan gambaran arah perjuangan caleg perempuan dalam politik dan bagaimana kebijakan partai terhadap perempuan," katanya.

Hamam mengatakan caleg perempuan yang diusung berasal dari tokoh-tokoh perempuan seperti Sekar Surya, Aisyah, masyarakat dan lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang memiliki kemampuan dalam politik dan siap mengemban amanah dari masyarakat.

"Kami mengusung calon yang perjuangannya sudah dirasakan masyarakat. Kami mengusung mereka bukan sekadar untuk memenuhi kuota caleg perempuan 30 persen, tapi mereka benar-benar dikenal masyarakat karena perjuangannya," kata dia.

Ia mengatakan PAN juga menempatkan caleg perempuan pada nomor urut satu dan dua atau urutan terdepan.

"Insyaallah, mereka sangat kuat dan sudah kami persiapkan secara matang dan siap didukung oleh mesin politik PAN," katanya.

Menurut dia, caleg perempuan PAN sangat kreatif. Setiap minggunya mereka melakukan pertemuan dengan organisasi perempuan dan masyarakat seperti kelompok wanita, dasa wisma, wanita tani, aisyah, dan sekar surya.

"Mereka lebih kreatif dari pada caleg laki-laki yang mengalami kesulitan mengumpulkan massa. Bagi caleg perempuan, mengumpulkan massa sangat mudah dan biayanya sangat kecil," kata dia.(*)

Pewarta: Sutarmi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014