Di tempat ini, organisasi pergerakan moderen Indonesia dimulai."
Jakarta (ANTARA News) - Bakal calon presiden Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Joko Widodo (Jokowi) melepas lelah dalam rangkaian kampanye terbuka perdananya sambil menikmati makan siang di warung tegal (warteg) di depan Masjid Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat.

"Saya makan ya segini," kata Gubernur Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta itu usai memesan air kelapa muda dan menu makanan nasi setengah porsi dengan sayur, ikan kembung, terong, dan tempe goreng, Minggu.

Dalam kampanye terbuka perdananya, Jokowi menjadi juru kampanye PDI Perjuangan bersama beberapa tokoh partai tersebut, antara lain Tjahjo Kumolo, Hasto Kristianto dan Teten Masduki.

Kampanye terbuka dilakukan dengan mengunjungi beberapa gedung bersejarah, antara lain Museum Kebangkitan Nasional di Jalan Abdurrahman Saleh nomor 26 sekira pukul 09.30 WIB.

"Di tempat ini, organisasi pergerakan moderen Indonesia dimulai. Di sini lah kebangkita nasional kita dimulai dan kita berharap dari sinilah kebamgkitan Indonesia baru indonesia hebat dimulai juga," kata Jokowi  di Musem Kebangkitan Nasional.

Kampanye lalu dilanjutkan ke Gedung Museum Sumpah Pemuda Jalan Kramat Jaya nomor 106. Lalu rombongan menuju ke Gedung Badan Pekerja Untuk Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) atau Gedung Pancasila Jalan Pejambon nomor 6, Jakarta Pusat.

Jokowi kemudian beranjak ke Gedung Perumusan Naskah Proklamasi di Jalan Imam Bonjol nomor 1, Jakarta Pusat.

Setelah itu, rombongan menuju Masjid Sunda Kelapa untuk makan siang bersama rakyat sekaligus melakukan Shalat Dhuhur.

Tujuan terakhir kampanye adalah Lapangan Cendrawasih, Jakarta Barat, yang menyediakan Podium Rakyat. (*)

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2014