Merupakan kebanggaan untuk menjadi bagian dari sejarah bersama klub hebat seperti ini."
Barcelona (ANTARA News) - Lionel Messi mengecilkan pentingnya pencapaian pribadi dan mengatakan hal terpenting bagi Barcelona adalah terus mengukir sejarah tampil sebagai tim, setelah ia menjadi pencetak gol terbanyak bagi klub Liga Spanyol itu pada Minggu.

Produk akademi Barca dan masih berusia 26 tahun, Messi menyarangkan trigol saat timnya menang 7-0 atas Osasuna di Nou Camp, membuat pria Argentina ini telah mencetak 371 gol dan melewati rekor Paulino Alcantara yakni 369 gol yang ditorehkan antara 1912 sampai 1972, lapor Reuters.

Trigol terkini Messi berarti ia hanya tertinggal satu gol untuk menyamai rekor Hugo Sanchez di Liga Spanyol yakni 234 gol untuk bergabung dengan mantan penyerang Meksiko itu di peringkat kedua daftar pencetak gol sepanjang masa, dan mendekati rekor Telmo Zarra, yang membukukan 251 gol.

Peluang berikutnya bagi peraih empat kali penghargaan pemain terbaik dunia ini untuk menambahi pencapaian pribadinya adalah pada pertandingan "Clasico" Minggu di markas pemuncak klasemen Real Madrid, ketika kemenangan akan membawa Barca hanya tertinggal satu angka dari rival abadinya dan kekalahan akan menambah pukulan terhadap peluang mereka meraih gelar domestik kelima dalam enam tahun.

"Hal terpenting adalah tim terus mengukir sejarah," kata Messi pada wawancara dengan saluran televisi Barca pada Senin.

"Grup pemain ini telah memenangi segalanya dan layak terus mencapai hal-hal penting," tambahnya.

"Merupakan kebanggaan untuk menjadi bagian dari sejarah bersama klub hebat seperti ini."

Messi terlihat kembali ke puncak penampilan di saat yang tepat, di mana Barca melaju ke delapan besar Liga Champions dan final Piala Raja bulan depan, ketika mereka akan bermain melawan Real pada ulangan final 2011.

Pelatih Gerardo Martino memerlukan kompatriot Argentinanya itu untuk membantu timnya merevitalisasi penampilan di Liga Spanyol dan melupakan serangkaian hasil buruk, termasuk kekalahan di markas Real Valladolid dan Real Sociedad.

"Setelah (kalah dari) Valladolid, kami menerima sejumlah kritik keras," kata Messi.

"Kami merupakan pihak pertama yang tahu bahwa kami tidak melakukan berbagai hal dengan baik dan kami harus memenangi segalanya jika kami menginginkan (gelar) liga dan semua yang kami mainkan."

"Kami berharap dapat melihat versi bagus (dari Barca di Bernabeu) dan untuk mendapatkan hasil bagus dan memelihara peluang meraih gelar kami."

"Ini merupakan peluang unik untuk mendekatkan jarak dengan Madrid. Ini sangat sulit sebab kami merupakan tim tamu dan bermain melawan tim hebat, namun kami akan berusaha."


Penerjemah: A Rauf Andar Adipati

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014