Los Angeles (ANTARA News) - Seorangan mahasiswa California yang juga tentara cadangan pada Garda Nasional Amerika Serikat ditangkap di perbatasan AS-Kanada Senin waktu setempat atas tuduhan membantu sebuah kelompok teror dan bergabung dengan Alqaeda, selain juga berencana untuk menyerang Los Angeles.

Nicholas Teausant (20) yang disangka berencana untuk bergabung dengan Negara Islam Irak dan Suriah itu dituduh berusaha menyediakan dukungan material bagi satu organisasi teroris asing.

Dia ditangkap pagi buta di dekat perbatasan Kanada-AS di Blaine, negara bagian Washington, kata Jaksa AS Benjamin B. Wagner di California.

Tuduhan setebal 23 halaman menunjukan dia bepergian ke perbatasan Kanada dengan niat meneruskan perjalanan ke Suriah untuk bergabung dengan Negara Islam Irak dan Suriah, yang merupakan organisasi teroris asing yang dikenal luas sebagai Alqaeda di Irak.

Teausant, seorang mualaf, berbalas pesan teks dengan seorang informan FBI tahun lalu mengenai bagaimana dia bisa mendapatkan "kembang api" untuk rencananya menyerang subway Los Angeles pada perayaan tahun baru.

Teausant terancam 15 tahun penjara dan denda 250.000 dolar AS jika terbukti bersalah, lapor LA Times seperti dikutip AFP.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014