Jakarta (ANTARA News) - Polling atau pengambilan suara untuk Panasonic Gobel Awards (PGA) resmi dibuka hari ini untuk menentukan program dan publik figur terbaik di bidangnya.

"PGA yang ke-17 ini hadir dengan 22 kategori yang telah disederhanakan. Malam puncak akan dilaksanakan Sabtu, 5 April 2014," kata Ketua Panitia Panasonic Gobel Awards Rinaldi Sjarif dalam konferensi pers PGA-17, di Jakarta, Rabu.

Rinaldi menjelaskan polling tersebut dapat diikuti melalui SMS Premium (hingga 3 April 2014) dan pos (hingga 29 Maret 2014). Keterangan detail mengenai polling dapat diakses melalui situs resmi www.panasonic-gobelawards.com.

Layaknya tahun-tahun sebelumnya PGA ke-17 kembali bekerja sama dengan AGB Nielsen sebagai badan riset independen, menjadi penentu kategori program TV terpopuler dengan sistem rating, serta melaksanakan survei melalui telepon.

"Selain itu PGA ke -17 juga kembali bekerja sama dengan BDO Tanubrata sebagai tabulator independen yang akan menghitung hasil akhir pengumpulan suara masyarakat dengan mekanisme 1 ID 1 Vote dalam 1 Kategori," ujar Rinaldi.

Rinaldi mengatakan PGA ke-17 yang mengangkat tema "Berani Berekspresi" merupakan bentuk penghargaan tertinggi bagi insan pertelevisian Indonesia yang secara konsisten mengekspresikan talenta dan kreativitasnya di tanah air.

Sebanyak 22 kategori yang diperebutkan dalam PGA ke-17 dibagi antara lain dalam dua segmen yakni program dan inidividu terfavorit. Associate Director, Marketing and Sales PT Nielsen Audience Measurement Mochamad Ardiansyah menjelaskan penentuan kategori dan nominasi PGA ke -17 dilakukan melalui riset untuk menentukan program TV dengan rating tertinggi, melalui pengumpulan data rating berkala.

"Kami juga melakukan survei melalui telepon kepada 1,300 responden di 10 kota besar untuk kategori individu guna mendapatkan data nominasi individu yang menjadi top-of-mind pilihan masyarakat," ujar Ardiansyah.

Tim verifikasi sendiri terdiri dari perwakilan insan pertelevisian, perwakilan televisi, rumah produksi, presenter, aktor dan aktris.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014