Dua medali emas menjadi target kami di Asian Games 2014. Nomor ganda campuran dan ganda putra hingga saat ini memiliki peluang terbesar untuk menyumbangkan medali emas. Untuk beregu target belum bisa kami informasikan,"
Jakarta (ANTARA News) - Nomor ganda putra dan ganda campuran menjadi tumpuan Indonesia untuk meraih medali emas pada kejuaraan bergensi Asian Games 2014 di Incheon Korea, 19 September -- 4 Oktober.

Manajer tim bulutangkis Indonesia Lius Pongoh di Jakarta, Kamis mengatakan, dari kedua nomor tersebut peluang untuk meraih medali cukup terbuka. Apalagi pemain didua nomor itu prestasinya terus mengalami peningkatan.

"Dua medali emas menjadi target kami di Asian Games 2014. Nomor ganda campuran dan ganda putra hingga saat ini memiliki peluang terbesar untuk menyumbangkan medali emas. Untuk beregu target belum bisa kami informasikan," katanya.

Menurut dia, untuk nomor ganda putra, Indonesia tetap mengandalkan pasangan yang saat ini menempati rangking satu dunia yaitu Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan.

Peraih emas kejuaraan All England Super Series Premier 2014 akan ditopang oleh juniornya yang kualitanya tidak diragukan lagi yaitu pasangan Angga Pratama/Rian Agung Saputro.

Untuk ganda campuran, pasangan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir tetap menjadi andalan. Pasangan terbaik Indonesia saat ini akan ditopang oleh pasangan ganda campuran lainnya yaitu Preveen Jordan/ Debby Susanto.

Selain nomor ganda putra dan campuran, PBSI juga menyiapkan pemain terbaik dinomor tunggal putri dan putra serta ganda putri. Berdasarkan Surat Keputusan Ketua Dewan Satlak Prima No. 05/2014, tanggal 6 Februari 2014, telah ditetapkan sebanyak 16 pemain yang akan berlaga di Asian Games.

" Tim ini diperkuat pemain-pemain yang dipilih oleh Satlak Prima yang didasarkani mereka masing-masing. Bisa saja ada perubahan sebelum online entry," katanya menegaskan.

Berikut daftar pemain yang masuk nominasi tim Asian Games 2014 : (Tim putra) meliputi Tommy Sugiarto, Sony Dwi Koncoro, Doinysius Hayom Rimbaka, Hendra Setiawan, Mohammad Ahsan, Tontowi Ahmad, Praveen Jordan, Rian Agung dan Angga Pratama.

Untuk tim putri beberapa nama telah disiapkan yaitu Linda Wenifanetri, Bellaetrix Manuputty, Aprilia Yuswandari, Greysia Polii, Nitya Krishinda Maheswari, Liliyana Natsir dan Debby Susanto.

Sedangkan jajaran pelatih yang akan terlibat langsung adalah Joko Suprianto (tunggal putra), Marlev Mainaky (tunggal putri), Herry Iman Pierngadi (ganda putra), Eng Hian (ganda putri), Richard Mainaky (ganda campuran).

Selain fokus pada Asian Games, atlet bulutangkis Indonesia juga siap turun dibeberapa kejuaraan bidikan yaitu Thomas dan Uber Cup, BWF World Championships serta BWF Super Series Finals 2014. (*)

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014