Pandeglang (ANTARA News) - Menjelang ujian nasional (UN) tingkat sekolah menengah atas (SMA)/sederajat, pihak sekolah di Kabupaten Pandeglang diminta memperbanyak latihan pengerjaan soal.

"Kita sudah minta pada sekolah untuk memperbanyak latihan pengerjaan soal yang bobotnya setara dengan soal UN bagi calon peserta UN," kata Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Pandeglang, Nurhasan di Pandeglang, Rabu.

Selain itu, pihak sekolah juga diminta untuk melaksanakan bimbingan belajar bagi siswa calon peserta ujian nasional tersebut.

"Pelatihan pengerjaan soal dan bimbingan belajar memang sudah dilaksanakan oleh pihak sekolah, dan karena masih ada waktu kita minta terus dilanjutkan," ujarnya.

Ia menyatakan, pelaksanaan UN tingkat SMA/sederajat digelar pada 14, 15 dan 16 April 2014, jadi masih ada waktu bagi sekolah mempersiapkan para siswanya agar benar-benar siap menghadapi UN.

Nurhasan juga menyatakan terus menyosialisasikan pelaksanaan UN pada sekolah dan telah menyampaikan jadwal tersebut.

"Kita sengaja menyampaikan jadwal pelaksanaan UN jauh hari sebelumnya agar ada waktu persiapan cukup bagi sekolah," ujarnya.

Menurut dia, dalam waktu dekat juga akan melaksanakan rapat koordinasi dengan berbagi pihak terkait, termasuk perguruan tinggi serta kepolisian.

Dalam pelaksanaan UN, kata dia, akan ada pemantau independen dari perguruan tinggi dan pengamanan, mulai dari pendistribusian soal hingga pelaksanaannya melibatkan aparat kepolisian.

Ia juga mengharapkan para siswa kelas XII sekolah menengah atas (SMA)/sederajat mempersiapkan diri menghadapi ujian nasional (UN) karena tahun ini tidak ada ulangan.

"UN tahun inipun tidak ada ulangan, jadi kita minta para siswa kelas XII SMA/sederajat lebih mempersiapkan diri menghadapi UN, jangan sampai nanti kecewa karena tidak lulus," katanya.

(S031/F003)

Pewarta: Sambas
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014