Palembang (ANTARA News) - Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengajak masyarakat untuk meningkatkan kemampuan di bidang keterampilan agar tetap kompetitif menghadapi pemberlakukan masyarakat ekonomi ASEAN (MEA) pada 2015.

"Indonesia segera memasuki era pasar bebas ASEAN. Masyarakat Indonesia harus meningkatkan kemampuan bidang keterampilan agar tetap dapat bersaing dengan tenaga kerja dari negara-negara ASEAN lainnya setelah diberlakukan MEA pada 2015," kata Megawati saat berorasi pada kampanye terbuka PDI Perjuangan di lapangan Bukit Kuto Besak, Palembang, Sumatera Selatan, Jumat.

Pada orasi tersebut, Megawati memulainya dengan menggunakan bahasa Palembang.

Megawati mengatakan, sebelum hadir di lokasi kampanye di lapangan itu, dia telah mengunjungi pasar 16 Ilir Palembang dan berdialog dengan sejumlah pedagang.

Menurut Mega, dia sudah bertanya soal buah-buahan khas Sumatera Selatan seperti nanas Prambumulih yang dulu banyak dihasilkan petani, tapi saat ini sudah sulit dicari.

"Buah-buahan di Sumatera Selatan, saat ini sudah banyak kalah bersaing dengan buah impor," katanya.

Megawati juga menanyakan makanan khas Sumatera Selatan, seperti burgo, yang dulu banyak dijual tapi sekarang sulit dicari, karena terdesak oleh makanan modern.

Pada kesempatan itu, Megawati juga mengajak masyarakat untuk memilih calon presiden dari PDI Perjuangan Joko Widodo atau akrab disapa Jokowi.

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014