Los Angeles (ANTARA News)- Gempa berkekuatan 5,1 skala Richter melanda daerah pinggiran Los Angels Jumat petang waktu setempat menghantam daerah luas California Selatan, memecahkan pipa saluran air di satu daerah terdekat dan menyebabkan Disneyland ditutup.

Tidak ada laporan korban cedera atau kerusakan bangunan akibat gempa yang berpusat dekat kota La Habra sekitar 32 km timur pusat kota Los Angeles, dan terjadi pada pukul 21.09 waktu setempat itu.

"Gempa malam ini adalah yang kedua dalam dua pekan, dan mengingatkan kita untuk bersiap," kata Wali Kota Los Angeles Eric Garcetti dalam satu pernyataan tertulis yang disiarkan sekitar satu jam setelah gempa itu berhenti.

Gaecetti mengatakan polisi kota itu dan Departemen Pemadam Kebakaran telah melakukan penelitian segara dan tidak menemukan kerusakan properti dalam kota itu.

Seorang juru biciara polisi Los Angeles mengatakan departemen itu tidak menerima laporan mengenai kerusakan properti atau korban cedera.

Gempa itu terasa sampai Palm Springs dan Daerah Ventura ke utara.

Di Anaheim, Disneyland tutup sebagai satu tindakan berjaga-jaga dan meminta para pengunjung untuk tetap duduk. Di Fullerton beberapa pipa saluran air pecah, yang membuat air mengalir ke jalan-jalan dan memaksa polisi mengalihkan arus lalu lintas kendaraan.

Pada ahli geologi di Institu Teknologi California di Pasadena mengatakan pusat gempa itu berada pada kedalaman hanya 1,2 km.

"Kami telah menganalisa untuk meyakinkan kedalaman yang sebenarnya tetapi relatif dangkal," kata Robert Graves dari CalTech.

Graves mengatakan ada lima persen peluang bahwa gempa itu adalah satu awal bagi satu gempa yang lebih kuat.

Menurut USGS gempa itu diawali oleh oleh getaran 3,6 pada pukul 21.03 waktu setempat dan disusul dengan serangkaian sekitar 20 gempa susulan dalam satu jam.

Awal bulan ini gempa berkekuatan 4.,4 skala Richter berpusat di utara Los Angeles melanda banyak daerah tetapi tidak menimbulkan keruasakan properti, demikian Reuters.

(Uu.H-RN/H-AK)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014