Rio de Janeiro (ANTARA News) - Rencana pagelaran "Fan Fest" Piala Dunia FIFA di timurlaut Kota Recife, Brasil, dibatalkan karena kekhawatiran keamanan atas kemungkinan protes yang berlangsung di kawasan itu selama turnamen berlangsung.

Fan Fest FIFA, yang melibatkan layar besar di lokasi-lokasi strategis dengan maksud menyediakan fasilitas bagi penggemar untuk menyaksikan pertandingan secara bersama-sama di tempat umum, untuk di ibukota negara Pernambuco itu dibatalkan karena risiko keamanan.

Menurut otoritas lokal, sebagaimana dilaporkan Rio Times, kemungkinan serius terulagnnya pengrusakan saat Piala Konfederasi 2013, membuat pembatalan acara tersebut diperlukan dalam upaya melindungi keselamatan publik.

Pembatalan sedang dibahas untuk menjadi keputusan tetap, yang berarti pemerintah Kota Recife bisa kehilangan jutaan reais dalam pendapatan Piala Dunia FIFA dengan tidak menyelenggarakan acara tersebut.

Keputusan kontroversial tidak menyelenggarakan tempat bagi publik menyaksikan pertandingan Piala Dunia itu bisa ditentang oleh FIFA.

Recife, yang sudah menjadi tuan rumah Piala Konfederasi, mempunyai tanggung jawab untuk menyelenggarakan Fan Fest FIFA selama turnamen Piala Dunia berlangsung.

Menurut pengacara yang mewakili kepentingan Kota Recife, gubernur tidak khawatir. Dalam sebuah pernyataan mereka mengklaim "tetap ada niat menjadi tuan rumah Fan Fest FIFA, tapi kegagalan untuk menyelenggarakannya juga tidak akan mengakibatkan denda atau hukuman".

Recife akan menuanrumahi lima pertandingan selama Piala Dunia. Pertandingan-pertandingan grup yang digelar di Arena Pernambuco meliputi Kroasia lawan Meksiko, Pantai Gading versus Jepang, Italia vs Kosta Rika, dan Amerika Serikat lawan Jerman.

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014