Ngawi (ANTARA News) - Calon presiden dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Indonesia (PDI-P) Joko Widodo (Jokowi) hari ini menyambangi rumah Dr. Radjiman Wrdyodiningrat, Sang Ketua BPUPKI dan sekaligus mentor politik Bung Karno.

Selain itu, Jokowi juga sempat blusukan ke sawah untuk berdialog dengan para petani.

Jokowi tiba di rumah Dr. Radjiman Wedyodiningrat, di Desa Kauman Kecamatan Widodaren, Ngawi sekitar pukul 10.35 WIB.

Di dalam rumah Jokowi Sang Pendiri Budi Utomo tersebut, Jokowi membacakan Surat Perintah Empat Perjuangan.

"Pada kesempatan yang baik ini, saya Joko Widodo calon presiden dari PDI-P akan membacakan Surat Perintah Empat Perjuangan," kata Jokowi usai menyapa ratusan masyarakat yang hadir di rumah bersejarah itu.

Isi surat dari Ketua DPP PDI-P Megawati Soekarnoputri tersebut adalah:

1. Amankan Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.
2. Jalankan Trisakti secara konsisten melalui pembangunan semesta dan berencana.
3. Utamakan prinsip musyawarah dan gotong royong.
4. Dedikasikan hidupmu untuk rakyat.

Salah satu alasan Jokowi mengunjungi rumah tersebut karena rumah tersebut telah mencatat berbagai peristiwa sejarah terjadi, salah satunya adalah saat Dr. Radjiman menulis "Dokumen Walikukun" yang menyatakan Bung Karno adalah penggali Pancasila.

Sebelum melanjutkan perjalanan, Jokowi sempat turun dari mobil dan berjalan melalui pematang sawah menuju kumpulan para petani yang sedang menanam padi.

Sambil berjongkok di pematang sawah, Jokowi berdialog dengan para petani terkait harga bibit, irigasi dan harga padi pasca dipanen.

Jokowi tiba di Ngawi sekitar pukul 09.15 WIB dan langsung menuju kediaman orang tua Bupati Ngawi Budi Sulistiyo untuk sarapan pecel.

Ruas jalan utama sepanjang di Ngawi yakni Jalan PB Sudirman bahkan sempat ditutup sekitar dua jam guna menyambut kedatangan Jokowi.

Setelah itu, Jokowi langsung meneruskan perjalanan ke Pacitan.

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014