Soal neraca perdagangan, saya optimistis surplus kita akan terus berlanjut dan tidak bersifat sementara,"
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa optimistis surplus neraca perdagangan akan terus berlanjut dan tidak bersifat sementara.

"Soal neraca perdagangan, saya optimistis surplus kita akan terus berlanjut dan tidak bersifat sementara," kata Hatta ketika ditemui di Gedung Kementerian Perekonomian di Jakarta, Rabu.

Hatta menjelaskan bahwa volume perdagangan Indonesia mengalami surplus akibat beberapa produk impor yang dikendalikan.

"Yang penting jangan sampai penurunan pada sektor impor terjadi pada barang modal," kata Hatta.

Menurut dia, bila penurunan kuota impor terjadi pada barang modal, perdagangan Indonesia seolah-olah akan mengalami surplus namun beberapa tahun setelahnya justru akan mengganggu produktivitas Indonesia.

Hal ini disebabkan karena produktivitas Indonesia masih bergantung pada barang atau bahan baku modal yang sebagian besar merupakan produk impor.

"Yang dikontrol itu memang bahan baku penolong, bukan modal. Itu yang terpenting," kata Hatta.

Dengan arus bahan baku modal yang tetap berjalan maka sektor hilirisasi berbasis pada industri dan sumber daya alam dalam negeri terus berjalan, sesuai dengan road map.

"Jadi harus kita jaga impor barang modal ini, harus tetap mencerminkan produktivitas Indonesia, bahwa investasi tetap berjalan," jelas Hatta.(*)

Pewarta: Maria Rosari
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014