Jakarta (ANTARA News) - Barcelona terus menempel pemuncak klasemen Atletico Madrid usai menang 3-1 atas Real Betis di Camp Nou, Sabtu sore (Minggu dinihari WIB).

Leonel Messi membuka skor dari titik penalti setelah 14 menit dari kick off, dan Jordi Figueras yang menghantar hadiah penalti untuk tuan rumah, menggandakan keunggulan Barcelona lewat gol bunuh dirinya pada pertengahan babak kedua.

Striker Betis Ruben Castro membalas cepat satu gol untuk tim tamu pada menit 69, tapi handball Antonio Amaya di kotak penalti menghadang umpan Neymar membuahkan hadiah penalti kedua bagi Barca.

Tidak seperti eksekusi pertamanya, tendangan penalti Messi kali ini berhasil dihadang kiper Betis, Adan, namun ia dengan cepat menyambar bola rebound untuk mengantar Barcelona meraih tiga poin.

Sebelum kick off, pendukung tuan rumah mempertontonkan perlawanan mereka atas keputusan FIFA yang menghukum Barcelona karena mengontrak pemain luar negeri di bawah umur untuk akademi terkenal Barca, La Masia.

Pendukung Barcelona membentangkan spanduk besar dengan pesan "La Masia tidak akan tersentuh".

Lulusan La Masia Xavi Hernandez menunjukkan teknik hebat untuk menendang setengah voli ke arah gawang dari area tepi pada menit 11, tapi mantan kiper Real Madrid Antonio Adan berhasil menyelamatkan gawang Betis.

Tuan rumah mendapat peluang emas pertama ketika Alexis menggoda pertahanan Betis dan akhirnya ia dijatuhkan Figueras di kotak penalti.

Messi dengan dingin menendang bola mengelahuhi kiper Adan untuk membuka keunggulan.

Klub Catalan hampir menggandakan keunggulan ketika Messi menyapu bola ke arah Andriano di kiri, tapi Pedro maupun Dani Alves yang ada didekatnya gagal menjangkau bola.

Barca kemudian diuntungkan oleh gol bunuhi diri Figueras menit 67. Umpan silang Andriano justru tanpa sengaja oleh Figueras dikirim masuk ke gawang Betis dan membuat Barcelona unggul 2-0.

Betis kemudian membalas satu gol melalui Castro, yang melalap bola lepas di tepi area penalti dan menghindari jegalan pemain Barca untuk mencetak gol.

Barcelona memastikan kemenangan 3-1 setelah umpan Neymar dihadang dengan tangan oleh kapten Betis Antonio Amaya. Messi kembali mencetak gol dari bola rebound setelah tendangan pertamanya dari titik putih berhasil dihadang Adan.

Dengan kemenangan 3-1, Barcelona tetap menempel ketat Atletico Madrid yang berada dipuncak klasemen dengan hanya selisih satu poin, mengantongi 78.

Real Madrid yang juga sukses mengalahkan Real SOciedad 4-0 tetap di posisi ketiga dengan poin 76, demikian mengutip laporan Sky Sport.

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014