London (ANTARA News) - Christian Eriksen mengilhami kemenangan 5-1 Tottenham Hotspur dari tim terancam degradasi Sunderland pada laga Liga Premier dini hari tadi dengan mencetak satu gol dan mengaransemen dua gol.

Sunderland unggul lebih dulu pada menit 17 lewat Lee Cattermole sebelum Eriksen merancang gol balasan yang diciptakan Emmanuel Adebayor pada menit 28 dan satu gol Harry Kane sebelum Eriksen menciptakan sendiri satu golnya.

Adebayor lalu mencetak gol keduanya, sedangkan Gylfi Sigurdsson menjadikan kedudukan 5-1 yang membuat Sunderland tersungkur di jurang klasemen.

Kemenangan ini membuat Tottenham kembali berada di atas Manchester United di urutan enam klasemen untuk tetap menghidupkan impian finish di empat besar, kendati masih lima poin di bawah urutan empat Arsenal dan empat poin di bawah Everton yang sama-sama menyimpan satu pertandingan lebih.

Kemenangan ini juga menepis rumor pencopotan Tim Sherwood yang mengambilalih Hotspur dari Andre Villas-Boas Desember lalu.  Dia bahkan diberitakan akan digantikan Louis van Gaal dari Belanda setelah Spurs disisihkan Chelsea dan Liverpool sehingga pupus harapan tampil di Liga Champions.

"Apa pun yang terjadi pada manajer, saya menghormatinya, saya sangat senang kembali mencetak gol," kata Adebayor kepada Sky Sports seperti dikutip Reuters.

Sementara itu Sunderland yang diasuh Gus Poyet terancam terlempar ke divisi Championship kendati masih menyimpan dua pertandingan lebih namun berada tujuh poin di bawah Norwich City yang berada keempat di papan bawah, demikian Reuters.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014