Jakarta (ANTARA News) - Dua gol dari Marco Reus tak berhasil meloloskan runner up Liga Champions musim lalu Borussia Dortmund ke semifinal turnamen ini, sebaliknya jatah semifinal dirampas tim tamu Real Madrid karena menang agregat 3-2 meskipun kalah 0-2 pada laga kedua di Dortmund dini hari ini.

Menurunkan duet penyerang Robert Lewandowski dan Henrik Mkhitaryan, Dortmund tampil ofensif kendati dalam penguasaan bola relatif dilampaui Madrid.

Madrid sempat berkesempatan mempersebar keunggulan mereka pada menit-menit awal ketika hand ball Lukasz Piszczek membuat tim ini dihadiahi tendangan penalti, Sayang, Angel Di Maria gagal menjalankan tugasnya.

Tujuh menit dari gagalnya penalti Madrid, Dortmund menipiskan agregat menjadi 1-3 berkat gol Marco Reus pada menit 24.

Umpan panjang dari barisan pertahanan Dortmund berusaha dihalau Pepe namun kesalahpengertian antara bek Madrid ini dengan kiper Iker Casillas membuat Reus dengan cerdik mengkapitalisasinya menjadi gol. Ini adalah gol ketujuh Reus di turnamen ini.

13 menit kemudian pada menit 37 Reus menggandakan golnya usai menerima umpan Robert Lewandowski yang datang memotong distribusi bola pada pemain Madrid.

Penyerang Polandia itu melepaskan tembakan yang ditepis Casillas namun tepisan Casillas dimanfaatkan cepat oleh Reus untuk menjaringkan gol kedua Dortmund.

Babak pertama berakhir dengan skor 2-0  dan Dortmund pun menipiskan agregat menjadi 2-3.  Untuk pertama kalinya dalam lima tahun terakhir sejak kalah 0-4 dari Liverpool pada babak 16 Besar turnamen ini 10 Mater 2009, Madrid ketinggalan 0-2 di babak pertama.

Di babak kedua Madrid tetap mendominasi penguasaan bola, tapi Dortmund juga tetap unggul dalam penciptaan peluang.

Sesudah tembakan Lukasz Piszczek melenceng dari gawanng Madrid, pada menit 65 Henrik Mkhitaryan hampir memperbesar keunggulan Dortmund saat tembakannya yang dirancang Reus membentur tiang gawang Madrid.

Casillas kembali harus berjibaku untuk melakukan penyelamatan gemilang pada lima setelah itu, juga demi menghalau upaya Mkhitaryan.

Menurut statistik UEFA.com, sampai menit ini Dortmund sudah menciptakan 12 upaya gol, lebih dari dua kali lipat yang diciptakan Madrid yang hanya membuat lima upaya gol. Namun sampai laga usai Madrid melipatgandakan peluang golnya menjadi 10.

Untuk ke-25 kalinya Madrid lolos ke semifinal turnamen ini, dan menggapai empat sukses semifinal berturut-turut mereka sejak turnamen ini berubah nama menjadi Liga Champions.


Susunan pemain:
Borussia Dortmund
: Weidenfeller, Manuel Friedrich, Mats Hummels, Lukasz Piszczek, Erik Durm, Henrik Mkhitaryan, Marco Reus, Milos Jojic, Kevin Grosskreutz, Oliver Kirch, Robert Lewandowski
 
Real Madrid: Iker Casillas, Pepe, Sergio Ramos, Fabio Coentrao, Daniel Carvajal, Xabi Alonso, Luka Modric, Asier Illarramendi (Isco), Karim Benzema, Gareth Bale, Angel Di Maria (Casemiro)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014