Bangkalan (ANTARA News) - Protes calon legislatif dari Partai Amanat Nasional (PAN) mewarnai pemungutan suara pemilu legislatif di Kabupaten Bangkalan, Pulau Madura, Jawa Timur, Rabu.

Calon legislatif untuk Dapil 1 bernama Moh Sudarmo itu memprotes KPPS di TPS 12 Kampung Kardinan, Desa Socah, Kecamatan Socah, Bangkalan, karena namanya dalam surat suara tertukar dengan nama caleg Dapil 2 bernama Solihin.

"Saya tidak terima dengan semua ini dan saya minta surat suaranya segera diganti," kata Darmo dengan nada tinggi.

Darmo mendatangi TPS ini setelah mengetahui namanya tidak tercantum dalam surat suara berdasarkan informasi yang disampaikan keluarganya.

"Awalnya yang menemukan kesalahan adalah anak saya mas, pada saat mencoblos di nomor urut satu PAN, yang tercantum bukan nama saya, tapi nama Solihin yang berasal dari Dapil 2," kata Sudarmo.

Ketua PPK Socah, Syafii Rusman mengakui kekeliruan itu namun telah bersepakat dengan Sudarmo bahwa hasil pencoblosan berdasarkan nomor bukan nama.

"Kesepakannya, suara tetap sah meskipun namanya beda karena kami sepakat dengan yang bersangkutan untuk memakai nomor urut," terang Syafii.

Ia mengungkapkan, jumlah surat suara yang tertukar antara Dapil 1 dengan Dapil 2 sebanyak 3 lembar surat suara.

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014