Lebak (ANTARA Newsa) - Warga Baduy di pedalaman Kabupaten Lebak, Banten, berbondong-bondong mendatangi sejumlah TPS untuk mengikuti Pemilu Legislatif 2014 hari ini.

Berdasarkan pantauan, ribuan warga Baduy Dalam dan Baduy Luar mendatangi 15 TPS untuk memberikan hak suaranya pada Pemilu 2014.

Mereka datang dan antre menunggu panggilan dari petugas TPS untuk memberikan suara pada pesta demokrasi lima tahunan itu.

Petugas TPS memberikan kesempatan kepada Baduy perempuan untuk lebih dahulu menggunakan hak suaranya, setelah itu baru kaum lelakinya.

Warga Baduy yang masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) berjumlah 7.296 pemilih dengan lokasi pemilihan di 15 TPS.

"Warga datang ke TPS I Kaduketug sejak pagi, mengantre untuk menerima panggilan panitia penyelenggara Pemilu untuk mencoblos hak pilihannya," kata Djaro Dainah, pemuka adat Baduy yang juga Kepala Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak.

Dia mengatakan partisipasi masyarakat Baduy pada Pemilu Legislatif cukup tinggi, sampai rela meninggalkan pekerjaan hariannya, baik di kebun maupun ladang, untuk menggunakan hak politiknya dengan harapan terjadi perbaikan kehidupan bangsa menjadi lebih baik.

"Kami berharap para caleg hasil Pemilu 2014 yang terpilih nanti dapat memperjuangkan aspirasi masyarakat untuk mencapai kesejahteraan," ujarnya.

Ia mengatakan Pemilu Legislatif di daerah Baduy berjalan tertib, aman, dan kondusif.

Warga Baduy mendatangi TPS-TPS sejak pagi dengan berjalan kaki, menempuh jalan sejauh beberapa kilometer dari permukiman mereka.

Pewarta: Mansyur
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014