Jakarta (ANTARA News) - Hasil penghitungan perolehan suara dari tempat pemungutan suara di Jeddah, Arab Saudi, menunjukkan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) unggul dengan 2.190 suara, menurut keterangan resmi dari KJRI Jeddah yang diterima di Jakarta, Kamis.

"Pada Rabu 9 April, PPLN KJRI Jeddah telah memulai penghitungan suara hasil Pemilu Legislatif yang digelar 5 April lalu di sejumlah wilayah akreditasi KJRI Jeddah," kata Pelaksana Fungsi Pensosbud Syarif Shahabudin dalam rilisnya.

Berdasarkan penghitungan sementara tersebut, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menyusul perolehan dengan jumlah 2.044 suara dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di posisi ketiga dengan perolehan 567 suara.

Selanjutnya, perolehan suara secara berurutan diraih Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) sebanyak 488 suara, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) sebanyak 333 suara, Partai Golongan Karya (Golkar) sebanyak 213 suara, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) sebanyak 174 suara.

Kemudian Partai Demokrat memperoleh 141 suara, Partai NasDem 75 suara, Partai Amanat Nasional (PAN) 59 suara, Partai Bulan Bintang (39) suara dan Partai Keadilan dan Persatuan (PKP) Indonesia hanya meraup 10 suara.

Pada pelaksanaan pemungutan suara di TPSLN Arab Saudi, jumlah partisipasi warga Negara Indonesia (WNI) yang menggunakan hak pilihnya sebanyak 6.427 orang.


Unggul di Dubai
Sementara itu di Dubai, PDIP untuk sementara unggul dalam perolehan suara dengan 337 suara, posisi kedua tertinggi diraih oleh PKS dengan 182 suara dan Gerindra sebanyak 121 suara. Total pemilih yang terdaftar di tiga TPS KJRI Dubai sebanyak 1.014 orang.

Sedangkan perolehan suara partai lainnya adalah PKB 98, Golkar 75, PPP dengan 52, Demokrat 41, Hanura 31, PAN 21, Nasdem 10, PBB dan PKPI masing-masing tujuh suara, demikian Konsul Fungsi Pensosbud KJRI Dubai, Adiguna Wijaya kepada ANTARA News London, Kamis.

Proses perhitungan suara Pemilu Legislatif (DPR) yang dilakukan oleh KPPSLN Dubai dengan pengawasan dari Panwaslu Dubai, berlangsung di KJRI Dubai pada tanggal 9 April lalu mulai pukul 13.00 hingga 20.30. Turut hadir sebagian warga masyarakat Indonesia yang ingin mengikuti langsung jalannya perhitungan suara.

Para warga yang hadir maupun masyarakat luas dapat mengetahui proses perolehan suara masing-masing partai melalui laporan langsung real-time di layar televisi di KJRI Dubai maupun situs internet PPLN Dubai, www.pplndubai.org hingga berakhirnya proses penghitungan suara.

Penghitungan suara ini merupakan hasil pelaksanaan Pemilu Legislatif (DPR) pada 4 April lalu di KJRI Dubai. Para WNI yang datang memilih di KJRI Dubai datang dari enak wilayah akreditasi KJRI Dubai, yaitu Dubai, Sharjah, Ajman, Umm Al Quwain, Ras Al Khaimah dan Fujairah.

Sementara itu, perhitungan suara untuk kertas suara yang diperoleh melalui metode drop-box akan dilakukan secara terpisah pada tanggal 10 April 2014. (ZG)

Pewarta: Fransiska Ninditya
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014