Semarang (ANTARA News) - Tunggal putra Indonesia Simon Santoso menembus babak perempat final kejuaraan bulu tangkis "Singapore Open Super Series 2014" setelah mengalahkan pemain Taiwan Hsu Jen Hao di babak 16 besar, Kamis.

Berdasarkan laman PBSI, Kamis, Simon Santoso yang turun pada kejuaraan ini melalui babak kualifikasi mengalahkan pemain Korea tersebut dengan dua game langsung 21-16, 21-16.

Kemenangan Simon atas Hsu ini tidak diperoleh dengan mudah. Pertarungan dengan reli panjang terjadi antara kedua pemain, Simon sempat tertinggal pada awal game tetapi mampu membalikkan keadaan menjadi 11-8 dan mengakhiri dengan angka 21-16 setelah pukulan dropshot"-nya tidak mampu dikembalikan lawan.

Pada game kedua kembali terjadi pertarungan yang melelahkan, Simon yang lebih dulu unggul dari sisi penguasaan lapangan akhirnya menutup game ini dengan angka 21-16.

"Hari ini agak susah anginnya. Lawan juga bermain ulet. Saya bermain lebih sabar dan tidak terburu-buru untuk menyerang. Intinya saya menghindari kesalahan sendiri," kata Simon.

Simon menjadi satu-satunya wakil Indonesia di nomor tunggal putra setelah Dionysius Hayom Rumbaka kalah dari pemain Hong Kong Hu Yun 11-21,15-21.

Pada babak delapan besar, Simon akan menghadapi tunggal putra Korea Selatan Lee Dong Keun yang sebelumnya mengalahkan pemain Tiongkok Gao Huan 21-14, 8-21, 21-18. Pertemuan Simon yang menempati peringkat 52 dunia melawan Lee Dong Keun yang menempati peringkat 35 dunia ini merupakan yang ketiga kali dan skor pertemuan saat ini adalah 1-1.

Pada nomor tunggal putri, Indonesia gagal menempatkan wakilnya di babak perempat final setelah Adrianti Firdasari dikalahkan unggulan kelima dari Korea Selatan Sung Ji Hyun dengan rubber game 17-21, 21-18, 12-21.

Pada nomor ganda putra, pasangan Berry Anggriawan/Ricky Karanda Suwardi menyusul rekannya pasangan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan ke babak perempat final setelah menyingkirkan rekannya yang diunggulkan di tempat ketiga Angga Pratama/Ryan Agung Saputra dengan rubber game 19-21, 21-14, 21-13.

Pada babak delapan besar, mereka akan menghadapi pemenang antara pasangan Takeshi Kamura/Keigo Sonoda (Jepang) melawan Cai Yun/Kai Lu (Tiongkok).

Kemudian pada nomor ganda putri pasangan Nitya Krishinda Maheswari/Greysia Polii melenggang ke babak perempat final setelah mengalahkan pasangan Korea Selatan Lee So Hee/Shin Seung Chan dengan angka 21-16, 21-19.

Pada babak delapan besar mereka akan menghadapi pemenang antara unggulan kedua bao Yixin/Tan Jinhua (Tiongkok) melawan Ng Hui Ern/Ng Gui Lin (Malaysia).

Pada nomor ini Indonesia berpeluang menambah wakilnya ke babak perempat final melalui pasangan Shendy Puspa Irawati/Vita Marissa yang menghadapi pasangan Reika Kakiwa/Miyuki Maeda (Jepang) dan Suci Rizky Andini/Tiara Rosalia Nuraidah melawan Huan Xia/Zhong Qianxin (Tiongkok).(*)

Pewarta: Hernawan Wahyudono
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014