Jakarta (ANTARA News) - Trigol Paco Alcacer membawa Valencia ke semifinal Liga Europa setelah membalikkan keunggulan 3-0 FC Basel pada leg pertama perempatfinal turnamen ini pekan lalu dengan menang besar 5-0 (agregat 5-3) di Valencia pagi ini.

Pertandingan dramatis yang membuat dua pemain Basel dikartumerahkan justru ketika mereka mulai berjuang di babak perpanjangan waktu usai disamakan 3-3 di waktu normal itu akhirnya dimenangkan Valencia.

Paco Alcacer menciptakan dua gol dan Eduardo Vargas satu gol pada waktu normal 90 menit untuk membawa Valencia menyamakan kedudukan 3-3 setelah pada leg pertama Basel menang 3-0 pekan lalu.

Gol pertama Alcacer tercipta pada menit 38 setelah mengolah umpan Joao Pereira untuk diakhirinya dengan tembakan yang tak bisa dihalau kiper Yann Sommer.

Empat menit kemudian, Eduardo Vargas menggandakan keunggulan Valencia usai melepaskan tandukan guna menyambut bola hasil sepak pojok yang dikirim Fede Cartabia.

Alcacer menciptakan gol ketiga Valencia yang membuat agregat tersamakan menjadi 3-3, setelah kerjasamanya dengan Vargas berakhir dengan tembakan keras yang tepat masuk ke sudut atas gawang Basel.

Kedudukan 3-0 atau agregat 3-3 ini bertahan sampai 90 menit waktu normal, sehingga memaksa dimainkannya babak tambahan.

Bencana bagi Basel, hanya dalam kurun lima menit babak 2 x 15 menit ini harus kehilangan dua pemain setelah Marcelo Diaz dan Gaston Sauro dikeluarkan dari lapangan akibat melakukan pelanggaran terhadap dua pemain Valencia.

Basel mampu menahan gempuran Valencia di bawah defisit dua pemain pada fase 15 menit pertama, namun pada 15 menit terakhir tak bisa lagi menahan gempuran Valencia dengan kebobolan dua gol.

Dua gol pertama diciptakan Alcacer pada menit 114 usai menerima umpan Pablo Piatti.  Empat menit kemudian Juan Bernat mempersembahkan gol kelima Valencia yang menutup pembalikan luar biasa Valencia di turnamen ini, demikian UEFA.com.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014