Jambi (ANTARA News) - Tiga narapidana dan tahanan di beberapa Lapas di provinsi Jambi yang berstatus pelajar,  mengikuti ujian nasional SMA sederajat yang berlangsung selama tiga hari mulai Senin (14/4).

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Jambi Wahidin mengatakan ketiga napi atau tahanan yang ikut UN tersebut ada pada Lapas Jambi, Lapas Anak, dan Lapas Muara Bulian.

"Silakan saja tanya sama kepala lapasnya masing-masing untuk bisa mengetahui siapa napi atau tahanan yang ikut UN tahun ini," kata Wahidin.

Sementara itu Kalapas Klas II A Jambi, Hendra Eka Putra saat dikonfirmasi membenarkan, bahwa ada satu napi mereka yang akan ikut UN tingkat SMU tahun ini dan yang bersangkutan telah dikawal pihak Lapas untuk menjalani ujiian di sekolah asalnya.

Napi atau tahanan yang berstatus sebagai pelajar tetap akan mendapatkan haknya untuk mengikuti Ujian Nasional (UN) 2014.

Berbeda dari UN tahun 2013, UN tahun ini tidak diadakan didalam lapas, melainkan di sekolah masing-masing.

Sementara itu di Lapas Bangko tidak ada penghuni lapas yang mengikuti UN melainkan sebanyak tujuh napi atau tahanan yang akan ikut ujian paket C, kemudian paket B ada sebanyak 12 orang dan paket A (4 orang).

Di Lapas Muara Bulian, ada satu orang yang akan ikut UN 2014 dan untuk yang akan mengikuti ujian paket B dan C belum bisa dilakukan sedang di Lapas Bungo ada tujuh orang narapidana anak dan tiga orang tahanan anak namun peserta UN tidak ada, kata Wahidin.

Sedangkan di Lapas Anak Muara Bulian, Wahidin mengatakan ada satu orang yang akan mengikuti UN 2014, selain dari data tersebut, pihak Kanwil belum melakukan perekapan untuk lapas dan rutan.

Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014