Semua pihak diharapkan memahami hal itu, karena demi kepentingan bersama
Kudus (ANTARA News) - Kepolisian Resor Kudus, Jawa Tengah, belum bersedia mengeluarkan izin laga perdana tim Persiku Kudus melawan PSIR Rembang pada Kompetisi Divisi Utama 2014 di Stadion Wergu Kudus yang rencananya digelar pada Selasa (15/4).

Kapolres Kudus, AKBP Bambang Murdoko, di Kudus, Senin, mengakui, Polres Kudus memang belum mengeluarkan izin pertandingan sepak bola antara Persiku melawan PSIR Rembang di Stadion Wergu Kudus.

Pasalnya, kata dia, pekan ini terdapat dua agenda kegiatan, yakni proses rekapitulasi penghitungan hasil pemungutan suara Pileg 2014 dan pelaksanaan ujian nasional (UN) untuk tingkat SMA dan sederajat.

"Dalam memberikan pengamanan, tentunya lebih memprioritaskan tugas negara," ujarnya.

Ia mengatakan, dirinya tidak melarang digelarnya laga pertandingan sepak bola tersebut, melainkan hanya menunda pelaksanaannya, karena sebagian besar personelnya sedang konsentrasi mengamankan pelaksanaan proses rekapitulasi hasil pemungutan suara pemilu anggota legislatif 2014 di masing-masing desa di Kabupaten Kudus.

Menurut dia, pengamanan laga pertandingan sepak bola harus melibatkan jumlah personel yang memadai, untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diiinginkan.

"Semua pihak diharapkan memahami hal itu, karena demi kepentingan bersama," ujarnya.

Ia berharap, para suporter Persiku Kudus juga memahami agenda nasional yang saat ini sedang berlangsung dan membutuhkan pengamanan, karena penundaan tersebut hanya untuk laga Persiku lawan PSIR Rembang.

Nantinya, kata dia, proses rekapitulasi juga akan dilanjutkan ke tingkat kecamatan.

Setelah lewat tanggal 15 April 2014, dia mempersilakan, panpel Persiku untuk menjadwalkan pertandingan sepak bola, sedangkan jadwal laga pada tanggal 18 April 2014 masih bisa digelar.

"Kami sudah mengirim surat terkait penundaan laga Persiku lawan PSIR Rembang tersebut untuk diteruskan ke PSSI Pusat," ujarnya.

Manajer Persiku Kudus, Agus Imakhudin didampingi Pelatih Persiku Kudus Agus Riyanto dan Asisten Pelatih Widoro Heriyanto membenarkan, bahwa hingga kini Polres Kudus memang belum memberikan izin kepada panitia penyelenggara pertandingan antara Persiku Kudus melawan PSIR Rembang di Stadion Wergu Kudus.

Laga kandang tersebut, kata dia, merupakan laga perdana bagi tim Persiku Kudus dalam melakoni Kompetisi Divisi Utama 2014. Persiku akan kembali menggelar lada kandang kedua melawan Persipur Purwodadi pada 18 April 2014.

Pewarta: Akhmad Nazaruddin Lathif
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014