Hal terpenting bagi kami adalah menang dan kami melakukannya, dan melaju ke putaran berikutnya sangatlah menarik."
Melbourne (ANTARA News) - Klub Australia Melbourne Victory secara mengejutkan mengalahkan juara bertahan Guangzhou Evergrande dengan skor 2-0 di Melbourne pada Selasa, untuk menjaga peluang lolos ke fase gugur Liga Champions AFC.

Pemain Socceroos Mark Milligan mencetak gol pada menit kedua dan James Troisi membukukan gol kedua menjelang pertandingan usai, sehingga juara Liga Super Tiongkok itu harus menanti sampai pertandingan Grup G terakhir pada pekan depan sebelum mengetahui apakah mereka akan melaju ke putaran selanjutnya, lapor AFP.

Ini merupakan kemenangan terbesar Victory dari empat pertandingan Liga Champions AFC, dan memberi mereka peluang mencapai fase gugur jika mereka dapat mengalahkan Jeonbuk Hyundai Motors di Korea Selatan pada pekan depan.

Victory membuka keunggulan pada 90 detik pertama, ketika Milligan memenangi bola di area pertahanan Guangzhou dan mengoperkannya kepada Jesse Makarounas sebelum meneruskan lajunya dan menuntaskan peluang dengan cerdik.

Tim Australia itu memiliki beberapa peluang untuk memperbesar keunggulan mereka pada babak pertama, yang paling utama melalui peluang Kosta Barbarouses, namun masih dapat digagalkan kiper Zeng Cheng.

Guangzhou lebih mendominasi permainan pada babak kedua ketika mereka mencari gol penyama kedudukan, namun sejumlah peluang mereka dihentikan oleh penampilan apik kiper Melbourne Nathan Coe.

Coe menggagalkan peluang pemain Brazil Muriqui pada menit ke-71 sebelum menahan tembakan Feng Renliang tujuh menit kemudian.

Guangzhou terlihat akan mencetak gol melalui serangan balik beberapa menit kemudian, namun kali ini upaya Muriqui kembali digagalkan oleh Coe.

Tetapi Victory memastikan kemenangan mereka pada menit pertama masa tambahan waktu, ketika pemain pengganti Andrew Nabbout menaklukkan perangkap "offside" dan memberi umpan kepada Barbarouses, yang menyodorkannya kepada Troisi untuk dikonversi menjadi gol.

Pasukan Marcello Lippi datang ke Melbourne tanpa pemain internasional Italia mereka Alessandro Diamanti yang sedang cedera, dan Guangzhou sangat kehilangan kemampuan sang pencetak gol terbanyak di Liga Champions AFC itu.

"Hal terpenting bagi kami adalah menang dan kami melakukannya, dan melaju ke putaran berikutnya sangatlah menarik," kata Coe.

"Ini merupakan cara yang bagus untuk memulai apa yang akan menjadi pekan yang sangat penting bagi kami," ucapnya, mengacu pada pertandingan "playoff" Liga Australia melawan Sydney FC pada Jumat.

Pelatih Victory Kevin Muscat mengatakan timnya yang dihuni banyak pemain muda tampil mengagumkan melawan sang juara Tiongkok.

"Ini merupakan pertandingan kelima di Liga Champions AFC musim ini di mana kami unggul, dan kami mengambil beberapa pelajaran dari kompetisi ini."

"Untuk menggenggam cara yang kami lakukan dan menciptakan beberapa peluang melawan tim yang sangat bagus dengan banyak pemain muda merupakan hal yang luar biasa," tutur Muscat.

Guangzhou Evergrande akan berusaha mencapai putaran kedua pada pertandingan fase grup terakhir mereka, saat menjamu Yokohama Marinos pada 22 April.


Penerjemah: A Rauf Andar Adipati

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014