... kelas bisnis dan eksekutif KA Mutiara Timur Pagi dan Malam jurusan Banyuwangi-Surabaya terjual habis... "
Jember, Jawa Timur (ANTARA News) - Tiket kereta api kelas ekonomi jarak jauh sudah terjual habis di wilayah PT Kereta Api Daerah Operasi IX Jember, Jawa Timur, selama liburan Paskah, khususnya untuk jadwal keberangkatan pada Jumat (18/4) dan Minggu (20/4).

"Beberapa kereta jarak jauh yang dipadati penumpang selama masa libur panjang yang bertepatan dengan liburan Paskah, yakni KA Logawa jurusan Jember-Purwokerto dan KA Sritanjung jurusan Banyuwangi-Lempuyangan Yogyakarta," kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) IX Jember, Sugeng Turnianto, Kamis.

Menurut dia, tiket KA Logawa dan KA Sritanjung sudah terjual habis untuk keberangkatan Jumat (18/4) dan Minggu (20/4), sedangkan kereta jarak pendek KA Probowangi jurusan Probolinggo-Banyuwangi untuk relasi Banyuwangi dan Surabaya juga sudah terjual habis untuk Jumat (18/4) dan Minggu (20/4).

"Kereta kelas bisnis dan eksekutif KA Mutiara Timur Pagi dan Malam jurusan Banyuwangi-Surabaya terjual habis untuk keberangkatan Minggu (20/4), sedangkan untuk Jumat (18/4) dan Sabtu (19/4) masih ada kursi kosong," tuturnya.

Ia mengatakan bahwa tiket sejumlah kereta sudah terjual habis sebelum hari keberangkatan karena penumpang bisa memesan tiket KA jauh-jauh hari sebelum keberangkatan, bahkan pemesanan tiket bisa dilakukan secara online.

"Penumpang juga bisa memesan tiket kereta jarak pendek sebelum hari keberangkatan, bahkan mereka juga tidak perlu antre di stasiun untuk membeli tiket karena pemesanan bisa secara online atau di beberapa agen yang bekerja sama dengan PT KAI," ucapnya.

Sugeng menjelaskan kenaikan okupansi liburan Paskah 2014 untuk kereta ekonomi tidak ada karena sesuai dengan kapasitas tempat duduk dan tiap hari biasanya mencapai 100 persen.

"Penambahan gerbong juga tidak ada karena formasi rangkaian kereta yang sudah ada saat ini merupakan rangkaian yang sudah maksimal sesuai dengan kapasitas daya angkut masing-masing lokomotif," katanya.

Sementara itu, penumpang KA Logawa Kurniawan mengaku sudah memesan tiket kereta dengan tujuan Purwokerto jauh-jauh hari karena ingin menghabiskan liburan panjang bersama keluarganya di tempat asalnya tersebut.

"Memang kalau liburan panjang, kami sekeluarga mudik beberapa hari di rumah orang tua saya di Purwokerto dan harga tiket kereta saat ini cukup murah karena ada subsidi dari Pemerintah, serta perjalanan menggunakan kereta cukup nyaman," tuturnya.

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014