Jakarta (ANTARA News) - Pakar perilaku anjing internasional Cesar Millan mengatakan bahwa mengebiri anjing peliharaan adalah langkah baik karena dapat mencegah anjing mengalami depresi akibat tidak memiliki pasangan pada masa kawin.

"Mengebiri anjing peliharaan kita, terutama anjing jantan, itu sebenarnya baik. Karena kebanyakan orang tidak mempunyai waktu melatih anjing atau untuk mencarikan pasangan untuk anjingnya," kata Cesar di Jakarta dalam rangkaian acara tur Asianya.

Ia menjelaskan, jika seekor anjing jantan sama sekali tidak "menjalin hubungan" dengan seekor anjing betina manapun dalam jangka waktu yang lama, anjing itu akan menjadi frustasi karena "keinginan" yang tidak tersalurkan.

Menurut Cesar, anjing yang frustrasi karena tidak mempunyai pasangan untuk kawin seringkali akan mulai buang air kecil dan buang air besar di dalam rumah.

"Bahkan anjing-anjing yang frustasi karena ingin kawin biasanya akan mulai melampiaskan keinginan mereka ke bantal atau ke kaki manusia," ujarnya.

Oleh karena itu, kata dia, untuk mengurangi risiko dan mencegah anjing kabur dari rumah karena keinginan untuk mencari pasangan, ada baiknya anjing-anjing peliharaan itu dikebiri.

Ia juga menilai pernyataan bahwa anjing yang dikebiri akan menjadi lemah dan tidak dapat menjaga rumah sebagai suatu mitos yang tidak bisa dibuktikan kebenarannya.

"Semua anjing peliharaan saya di rumah sudah dikebiri, tetapi mereka tetap dapat menjaga rumah dan melindungi keluarga saya dengan baik," ungkap Cesar.

Ia menyimpulkan bahwa kesetiaan dan ketaatan adalah hal yang perlu ditanamkan dalam hubungan pemilik dengan anjingnya.

"Jadi, yang membuat anjing itu tetap mau berjaga-jaga itu kesetiaan mereka terhadap majikannya," kata pakar anjing internasional itu.

Cesar Millan adalah warga Amerika keturunan Meksiko yang berprofesi sebagai pelatih anjing dan pakar perilaku anjing internasional.

Ia mempelajari perilaku anjing secara otodidak. Millan dikenal secara luas melalui serial televisinya berjudul "Dog Whisperer with Cesar Millan", yang disiarkan di lebih dari 80 negara di dunia dari 2004 hingga 2012.

Pada Maret 2014, Milan menampilkan kemampuannya dalam memahami perilaku anjing, kepada komunitas yang sering mengalami teror kawanan anjing liar, dalam acara baru Nat Geo WILD bertajuk "Cesar 911".

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014