Moskwo (ANTARA News) - Rusia pada Sabtu menyerukan pembebasan satu tim OSCE yang ditahan di Ukraina.

"Kami yakin bahwa orang-orang ini harus dibebaskan secepat mungkin," kata utusan negara itu untuk badan keamanan Eropa raya, Andrei Kelin, kepada kantor berita RIA Novosti.

"Sebagi anggota OSCE, Rusia akan melakukan segala mungkin usaha dalam kasus ini."

"Kita tidak tahu apa yang telah terjadi pada mereka atau di mana mereka saat ini. Tetapi seperti anggota-anggota OSCE lainnya, kita sangat cemas dengan apa yang telah terjadi."

Kelin menambahkan bahwa tanggung jawab atas hal yang terjadi itu adalah pihak berwenang Ukraina yang mengundang tim itu.

Jumat lalu, Menteri Pertahanan Jerman Ursula von der Leyen mengatakan bahwa kelompok separatis pro-Rusia di Ukraina timur menahan 13 anggota missi termasuk para pemantau, penerjemah mrreka dan sopir.

Empat dari anggota tim itu adalah warga Jerman, termasuk tiga anggota militer Jerman.

Para anggota milisi pro-Rusia yang menahan kelompok itu menuduh mereka adalah " mata-mata NATO" Sabtu dan mereka akan terus menahan para anggota tim itu.

Penahanan anggota tim itu menimbulkan kecaman luas internasional dengan Amerika Serikat dan Uni Eropa menuntut pembebasan mereka dan Departemen Luar Negeri AS menegaskan "ada hubungan kuat antara Rusia dan separatis ini".

(Uu.SYS/C/H-RN/C/H-AK)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014