Jakarta (ANTARA News) - Perjuangan juara bertahan Liga Champions Bayern Munchen lolos ke final turnamen tersebut musim ini tiba-tiba hampir mustahil setelah pada babak pertama semifinal kedua melawan Real Madrid di Allianz Arena mereka ketinggalan 0-3.

Ironisnya dua dari tiga gol Real Madrid yang berambisi merebut trofi Eropa untuk kesepuluh kalinya ini diciptakan oleh pemain belakang mereka, Sergio Ramos.

Mendominasi penguasaan bola sejak menit pertama namun bermain kalah efisien dan efektif dibandingkan dengan lawannya, Bayern mulai kebobolan pada menit 16 ketika sepak pojok Luka Modric meluncur ke depan gawang Bayern.

Cristiano Ronaldo tak bisa menjangkau bola kiriman Modric ini namun di belakang dia sudah menunggu Sergio Ramos yang dengan keras menanduk bola melewati kiper Manuel Neuer.

Hanya empat menit dari gol ini, pada menit 20, Ramos menciptakan gol keduanya, kali ini usai memanfaatkan tendangan bebas Angel Di Maria dengan terbang menjatuhkan diri untuk menanduk gol masuk ke gawang Bayern.

Pada menit 34, memanfaatkan serangan balik nan cepat, Madrid menambah gol yang diciptakan Cristiano Ronaldo.

Angel Di Maria membawa bola dari sektor kiri pertahanan, lalu diteruskan kepada Gareth Bale yang berlari kencang di tengah.

Sembari berlari melewati bek Munchen, Bale lalu meneruskan bola kepada Ronaldo yang berdiri bebas di kanan kotak penalti Bayern untuk kemudian melepaskan tembakan masuk ke gawang Bayern.

Gol Ronaldo ini adalah gol ke-15 pemain asal Portugal tersebut pada Liga Champions musim ini, sekaligus rekor gol baru di kancah Liga Champions yang tercipta dalam satu musim yang sama.

Ronaldo hampir menciptakan gol-16 pada menit 37 ketika dia melepaskan tembakan dari jarak jauh ketika Neuer sudah mati langkah, namun bola jauh menyasar mistar gawang.  Kedudukan 3-0 tak berubah untuk Madrid yang kini memimpin dengan agregat 4-0.

Statistik UEFA.com mencatat pada babak pertama ini, Madrid menciptakan peluang jauh lebih banyak dibandingkan dengan Munchen yang tampil kurang efektif. Madrid menciptakan lima peluang yang semuanya on target, sedangkan Bayern hanya menciptakan tiga peluang dengan hanya satu yang on target.

Susunan pemain:
Bayern Munchen
: Manuel Neuer, Dante, Jerome Boateng, Philipp Lahm, David Alaba, Franck Ribéry, Arjen Robben, Thomas Müller, Bastian Schweinsteiger, Toni Kroos, Mario Mandzukic

Real Madrid: Iker Casillas, Pepe, Sergio Ramos, Fábio Coentrão, Daniel Carvajal, Gareth Bale, Xabi Alonso, Luka Modric, Ángel Di María, Cristiano Ronaldo, Karim Benzema

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014