Mojokerto, Jawa Timur, (ANTARA News) - Bertepatan dengan hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2014, BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Mojokerto memberikan beasiswa bagi 325 anak pekerja peserta BPJS Ketenagakerjaan yang berprestasi.
 
Beasiswa diberikan mulai dari tingkat SD, SMP, SMU dan Perguruan Tinggi, dengan jumlah sebesar Rp600 juta, ungkap Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Mojokerto, H. Didin Haryono, dalam keterangan tertulis BPJS.

Secara simbolis beasiswa tersebut diberikan pada saat upacara peringatan hari Pendidikan Nasional, Jumat di alun-alun  Jeruk Seger, Kecamatan Gedeg Kabupaten Mojokerto. Penyerahan beasiswa tersebut langsung dilakukan Bupati Mojokerto, Mustofa Kamal Pasya yang didampingi Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Mojokerto, H. Didin Haryono, dan Kepala Dinas Pendidikan Mojokerto, Yoko.

"Beasiswa diberikan sebagai bentuk kepedulian terhadap dunia pendidikan, Manajemen BPJS Ketenagakerjaan membantu beasiswa kepada para anak tenaga kerja peserta BPJS Ketenagakerjaan yang memiliki prestasi tetentu," ujar Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Mojokerto, Didin Haryono saat ditemui di tempat acara penyerahan beasiswa tersebut.

BPJS Ketenagakerjaan memberikan beasiswa kepada siswa siswi anak pekerja yang sudah terdaftar di BPJS ketenagakerjaan. "Diharapkan dengan adanya bantuan beasiswa dapat mengurangi beban keluarga pekerja," imbuhnya.

Bantuan beasiswa tingkat SD dan SMP sebesar Rp1.800.000. Untuk SMU atau Aliyah dan Perguruan Tinggi sebesar Rp. 2.400.000. "Jumlah totalnya Rp600 juta dengan jumlah penerima sebanyak 325 anak pekerja," katanya.

"Syarat untuk mendapatkan beasiswa tersebut minimal satu tahun masa kepesertaan, tertib administrasi, gaji yang terdaftar minimal sesuai dengan UMK setempat, tidak menunggak iuran bagi perusahaan dan memiliki nilai rapor atau IPK bagus," ucap Didin.

Didin menjelaskan, disamping memberikan pelayanan dan perlindungan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Kematian (JKM), BPJS Ketenagakerjaan juga memberikan berbagai manfaat tambahan lainnya (MLT) seperti, Pinjaman Uang Muka Perumahan Kerjasama Bank (PUMP-KB), Pinjaman Renovasi Rumah dengan Bank BTN (PRR), Pemberian Beasiswa bagi anak tenaga kerja yang berprestasi, Pelatihan Ahli K3, Bantuan dan santunan uang kubur bagi keluarga peserta Tenaga kerja yang meninggal dunia. (Adv)

Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014