...dijamin berlangsung sesuai jadwal yang telah ditetapkan...
Palu (ANTARA News) - Naskah ujian nasional SMP dan sederajat di Palu, Sulawesi Tengah, sudah didistribusikan ke sekolah tempat penyelenggara ujian, kata pejabat berwenang setempat.

"Jumat (2/5), semua naskah UN telah didistribusikan ke masing-masing sub rayon (sekolah yang ditunjuk sebagai pelaksana ujian)," kata Kepala Seksi Pembinaan SMP Dinas Pendidikan dan Pengajaran Palu, Agussalim Abdullah, di Palu, Sabtu.

Ia mengatakan pendistribusian naskah dari rayon ke sub rayon mendapat pengawalan ketat dari aparat kepolisian setempat.

Begitu pula selama naskah berada di sub rayon, tetap mendapat pengawasan dan pengamanan dari aparat.

"Ada empat petugas dari Polres Palu yang akan mengamankan naskah di masing-masing sub rayon," katanya.

Menurut dia, tidak ada lagi masalah menyangkut naskah UN.

"Pelaksanaan UN tingkat SMP/MTs dan SMP-LB di Kota Palu dijamin berlangsung sesuai jadwal yang telah ditetapkan pemerintah pada 5--8 Mei 2014," katanya.

Agussalim juga mengatakan tempat pelaksanaan UN dibagi dalam 10 sub rayon, dan setiap sub rayon ada beberapa sekolah negeri dan swasta yang siswanya ikut bergabung.

Sementara, sistem pengawasan UN tetap sama seperti tahun-tahun sebelumnya yakni sistem silang. Artinya guru yang akan mengawas diambil dari sekolah lain.

Data di Dinas Pendidikan dan Pengajaran (Dikjar) setempat menyebutkan jumlah peserta UN SMP/MTs dan juga termasuk Sekolah Luar Biasa (SLB) di Palu pada 2014 sebanyak 6.221 siswa.

Pewarta: Anas Masa
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014