Optimisme pasar terhadap kondisi makro ekonomi menjadi salah satu katalis bagi IHSG untuk kembali berada di area positif
Jakarta (ANTARA News) - Indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Selasa dibuka naik tipis 2,96 poin seiring dengan pelaku pasar yang masih optimis terhadap ekonomi Indonesia.

IHSG BEI dibuka naik 2,96 poin atau 0,06 persen menjadi 4.845,47. Sedangkan indeks 45 saham unggulan (LQ45) menguat 0,77 poin (0,09 persen) ke level 817,93.

"Optimisme pasar terhadap kondisi makro ekonomi menjadi salah satu katalis bagi IHSG untuk kembali berada di area positif," kata Head of Research Valbury Asia Securites Alfiansyah di Jakarta, Selasa.

Ia mengatakan bahwa meski rilis data produk domestik bruto (PDB) Indonesia menunjukan perlambatan, namun investor masih tetap optimistis dengan prospek pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini. Tercatat, PDB Indonesia pada kuartal I 2014 naik sebesar 5,21 persen secara tahunan.

Ia menambahkan bahwa pada sisi lainnya, Bank Indonesia dijadwalkan menggelar pertemuan rutin bulanannya pekan ini. Otoritas moneter diprediksi tidak akan mengubah suku bunga untuk sementara waktu meskipun laju ekonomi sedang melambat.

Namun, lanjut Alfiansyah, sentimen eksternal tetap menjadi pantauan pelaku pasar. Dari AS, program stimulus quantitative easing (QE) diperkirakan akan berakhir pada tahun ini, setelah itu pasar akan menanti kebijakan the Fed selanjutnya terkait dengan suku bunganya.

Analis Asjaya Indosurya Securities William Surya wijaya menambahkan bahwa indeks BEI kembali menguat meski tipis, kondisi itu mengukuhkan bahwa kenaikan saham-saham di bursa domestik belum berkurang.

"Secara umum IHSG masih dalam pola uptrend untuk jangka pendek maupun menengah," ujar dia.

Bursa regional, di antaranya indeks Hang Seng menguat 284,34 poin (1,28 persen) ke level 21.976,33, indeks Nikkei turun 27,62 poin (0,19 persen) ke level 14.457,51 dan Straits Times melemah 4,82 poin (0,15 persen) ke posisi 3.246,42.

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014