Jakarta (ANTARA News) - Menteri Perindustrian Mohamad S Hidayat mengatakan bahwa arah pengembangan industri manufaktur difokuskan pada pendalaman struktur industri.

"Dengan fokus pada pendalaman struktur industri, maka akan menghasilkan produk atau komponen yang mempunyai akar kuat di dalam negeri dan memenuhi standar internasional agar dapat bersaing di pasar domestik maupun ekspor," kata Menperin Mohamad S Hidayat di Jakarta, Rabu.

Menurutnya, pendalaman struktur industri mengandung makna penguatan semua sektor penting industri dengan skala binisnya termasuk industri kecil dan menengah.

Penguatan tersebut, tambahnya, merupakan bagian dari penguatan semua sektor penting industri dengan skala bisnisnya termasuk industri kecil dan menengah.

Saat menghadiri perayaan ulang tahun Yayasan Dharma Bhakti Astra, Menperin menyampaikan bahwa PT Astra Internasional memberikan kontribusi besar terhadap sektor manufaktur.

Untuk itu, Menperin berharap agar PT Astra Internasional semakin maju di sektor industri manufaktur dan bisa memberikan efek positif terhadap perekonomian bangsa.

Menperin mengatakan, sektor industri dituntut untuk menjadi penggerak utama pertumbuhan ekonomi nasional, karena sektor tersebut berperan sangat penting.

"Sektor industri berperan dalam menciptakan nilai tambah, perolehan devisa dan penyerapan tenaga kerja, yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujar Menperin.

Oleh karena itu, lanjutnya, sektor industri nasional dituntut untuk selalu meningkatkan kemampuan berkompetisi dalam memproduksi dan memasarkan produk agar mampu menguasai pasar dalam negeri maupun menembus pasar ekspor.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014