Jakarta (ANTARA News) - Maskapai PT Garuda Indonesia Tbk segera menambah satu rute baru ke Tiongkok yang diproyeksikan terealisasi semester kedua tahun ini.

"Saat ini Garuda sudah menerbangi tiga kota yaitu Beijing, Shanghai, dan Guangzhou. Sebelum akhir tahun 2014 akan ditambah satu kota Chengdu (ibukota Provinsi Sichuan)," kata Vice President China Region Garuda Indonesia I Wayan Subagia usai sebuah acara di Auditorium Garuda City Center, Cengkareng, Banten, Jumat.

Garuda sedang menuntaskan kajian rute penerbangan baru ke Chengdu untuk kemudian mempersiapkan berbagai hal terkait dengan perizinan termasuk penyediaan pesawat ke provinsi tersebut.

Ia menjelaskan, pertumbuhan jumlah penumpang dari Tiongkok ke Indonesia terus meningkat, sejalan dengan terus melonjaknya jumlah penduduk negeri itu, menguatnya nilai tukar mata uang setempat, pertumbuhan ekonomi, ikatan emosional antara penduduk Tiongkok dengan Indonesia, dan hubungan bisnis yang semakin meningkat antarkedua negara.

Saat ini Garuda telah menerbang Beijing, Shanghai dan Guangzhou dengan frekuensi masing-masing 7 kali dalam sepekan.

Tingkat isian penumpang penerbangan rute Jakarta-Beijing yang dilayani satu unit AirBus 330 sebanyak 150 penumpang per hari, penerbangan ke Shanghai dengan A320 dengan rata-rata 100 penumpang per hari, sedangkan ke Guangzhou dengan pesawat Boeng 777 dengan rata-rata 40 penumpang per hari.

Dengan begitu total penumpang yang dilayani Garuda dari Jakarta ke Tiongkok mencapai 105.840 orang per tahun.

"Dengan penambahan rute baru Chengdu, diharapkan akan meningkat sekitar 10 persen dibanding jumlah penumpang yang dilayani Garuda saat ini," ujarnya, namun dia belum memastikan rute baeru tersebut apakah dari Jakarta atau Bali.

"Masih dikaji. Kalau Chengdu-Jakarta tentu bisa terkoneksi ke kota-kota besar lain di Indonesia, sedangkan jika rute Chengdu-Denpasar, maka dipastikan lebih fokus melayani para turis yang melancong ke Pulau Dewata," demikian Wayan.

Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014