London (ANTARA News) - Pelatih Tim Sherwood meninggalkan Tottenham Hotspur setelah enam bulan menduduki posisinya, kata klub Liga Utama Inggris itu pada Selasa.

Pria 45 tahun itu menggantikan Andre Villas-Boas pada Desember dan memimpin Spurs untuk menduduki peringkat keenam di klasemen.

Ia menandatangani kontrak 18 bulan ketika ditunjuk sebagai pelatih, namun sebagian pihak sudah memperkirakan bahwa ia akan hengkang pada akhir musim.

"Kami menunjuk Tim pada pertengahan musim, sebagai seseorang yang memahami para pemain dan klub," kata ketua klub Daniel Levy dalam pernyataannya.

"Kami menyepakati kontrak 18 bulan dengan klausa pemutusan pada akhir musim, dan sekarang kami menggunakan opsi tersebut."

Sherwood, yang bermain pada hampir 100 pertandingan liga di lini tengah untuk Spurs setelah menjuarai Liga Utama Inggris bersama Blackburn Rovers, kembali bergabung dengan klub ibukota itu sebagai asisten pelatih tim pertama pada 2008 dan melewati sejumlah tingkatan sampai ia akhirnya mendapat kesempatan melatih tim utama.

Spekulasi telah memuncak selama beberapa bulan terakhir bahwa Sherwood tidak akan melewati akhir musim ini, meski ia mencatatkan persentase kemenangan tertinggi sebagai pelatih Spurs di era Liga Utama Inggris.

Frank de Boer dari Ajax Amsterdam dan pelatih Southampton Mauricio Pochettino telah dikaitkan dengan pekerjaan ini.

"Atas nama klub, saya ingin menyampaikan rasa terima kasih kami untuk semua upayanya sepanjang tahun-tahun bersama kami," kata Levy.

"Kami mendoakan kesuksesan besar pada karir manajerialnya."

"Melangkah ke depan, sekarang musim sudah usai, kami akan menjalani proses menemukan pelatih kepala yang baru. Kami memiliki tim berbakat dan para pemain muda yang luar biasa. Kami perlu membangun musim ini, mengembangkan potensi kami, dan menginspirasi penampilan-penampilan yang kami asosiasikan dengan klub hebat ini." Demikian laporan Reuters.

(Uu.H-RF/I015)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014