Jakarta (ANTARA News) - Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengatakan akan menemui Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, Rabu, untuk menanyakan kewenangannya sebagai pengganti Jokowi yang izin cuti guna mengikuti pemilihan presiden 2014.

"Besok saya mau ketemu Mendagri menanyakan kewenangan saya apa saja sebagai Plh. Tapi kalaupun saya enggak diberi kewenangan luas, ya saya akan minta surat kuasa saja ke Pak Jokowi," kata Ahok di Balaikota, Selasa.

Ahok mengatakan tidak akan ada banyak perbedaan dalam porsi pekerjaan jika dia menggantikan Jokowi yang cuti.

"Paling bedanya nanti saya pulang lebih malam, ketemu orang lebih banyak. Tanda tangan surat dan paraf jadi ratusan, tapi tidak apa-apa kan motto saya seperti pemadam kebakaran, pantang pulang sebekum padam. Pantang pulang sebelum surat-surat habis dibaca dan ditandatangan," katanya.


Ahok akan menginstruksikan Biro Kepala Daerah untuk menujukkan surat-surat untuk gubernur langsung pada dirinya.


Ahok mengatakan meski dirinya hanya menjabat sebagai pelaksana tugas harian (Plh) namun dirinya memiliki kewenangan penuh sama seperti Gubernur dalam mengambil kebijakan.


"Semua bisa saya putuskan termasuk mutasi kepala dinas. Paling yang enggak bisa minjem duit aja. Khusus soal monorel saya akan tunggu Pak Jokowi saja," katanya.



Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014