Pontianak (ANTARA News) - Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) memboyong hampir seluruh gelar juara pada ajang pemilihan Duta Lingkungan Hidup Ekoregion Kalimantan Tahun 2014 yang digelar di Pontianak, Rabu malam.

Menurut Kepala Pusat Pengelolaan Ekoregion Kalimantan Tuti Hendrawati di Pontianak, Kamis, ajang tersebut untuk memilih generasi muda sebagai "agent of change" di bidang lingkungan hidup.

"Mereka nantinya diharapkan dapat menjadi pelopor cinta lingkungan hidup, baik di lingkungan terdekat maupun daerahnya masing-masing," ujar dia.

Tema tahun ini adalah "Generasi Muda Peduli Air dan Energi", dengan tujuan mereka menjadi cerminan generasi muda yang peduli pelestarian air dan efisiensi energi khususnya di Pulau Kalimantan.

Sementara Staf Ahli Menteri Lingkungan Hidup Dana Adyana Kartakusuma menambahkan, semangat dan cita-cita generasi muda diharapkan dapat mempelopori berbagai inisiatif dan kegiatan baru yang berdampak baik bagi generasi sebelumnya maupun selanjutnya.

"Generasi muda juga diharapkan dapat mendongkrak daya saing Indonesia ke depan dengan didukung kondisi lingkungan hidup yang kualitasnya lebih baik," kata Dana Adyana.

Juri pada pemilihan duta lingkungan itu yakni Ilyas Asaad (Deputi VI Kementerian LH), Tuti Hendrawati (Pusat Pengelolaan Ekoregion Kalimantan), Dr Soeryo Adiwibowo (IPB, Akademisi), Handayani Subchan (Lembaga Pendidikan Duta Bangsa), dan Oppie Andaresta (Artis, aktivis lingkungan).

Setiap provinsi mengirimkan empat utusan yang berasal dari ajang serupa di tingkat kabupaten/kota, dan provinsi.

Setelah melalui seleksi yang ketat, dari 16 peserta, juara pertama diraih Rosyi Amrina, runner up Gusti Indira H, dan juara tiga Noverawati Aisyah P. Ketiganya berasal dari Kalimantan Selatan.

Sedangkan Provinsi Kalimantan Barat selaku tuan rumah hanya mendapat juara harapan pertama atas nama Ignatia Karunia. Juara harapan kedua, atas nama Syamsudin Noor, juga dari Kalimantan Selatan.

Pewarta: Teguh Imam Wibowo
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014