2-5 Agustus adalah hari keberangkatan favorit bagi para pemudik untuk kembali ke Jakarta
Yogyakarta (ANTARA News) - Tiket kereta api tambahan kelas eksekutif yakni Argo Lawu Lebaran untuk keberangkatan dari Solo atau Yogyakarta ke Jakarta pada 2-5 Agustus habis terjual.

"Keberangkatan pada 2-5 Agustus adalah hari keberangkatan favorit bagi para pemudik untuk kembali ke Jakarta sehingga tiket tersebut langsung habis saat penjualan tiket dibuka pukul 00.00 WIB," kata Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi VI Yogyakarta Bambang Setiyo Prayitno di Yogyakarta, Kamis.

Menurut Bambang, saat penjualan tiket kereta tambahan dibuka pada pukul 00.00 WIB terdapat sekitar 160 orang yang mengantre membeli tiket di loket reservasi di Stasiun Tugu dan Solo Balapan.

Bambang menyebut, jumlah antrean tersebut sudah tidak terlalu banyak karena sudah banyak calon penumpang yang memanfaatkan pembelian tiket secara online atau melalui agen tiket resmi kereta api.

Bagi pemudik yang hendak kembali ke Jakarta dari Yogyakarta atau Solo dan belum memperoleh tiket, lanjut Bambang, perlu menggeser hari keberangkatannya lebih cepat karena tiket untuk keberangkatan sebelum 2 Agustus masih tersedia.

Sementara itu, tiket arus balik untuk beberapa tujuan lain seperti Surabaya dan Bandung dari Solo atau Yogyakarta masih tersedia cukup banyak.

PT KAI Daerah Operasi VI Yogyakarta menjalankan lima kereta api tambahan pada masa Angkutan Lebaran 2014, 21 Juli sampai 5 Agustus, yaitu Argo Lawu Lebaran relasi Solo Balapan-Gambir Jakarta dengan kapasitas 350 tempat duduk, Lodaya Lebaran Pagi relasi Solo Balapan-Bandung dengan kapasitas 456 tempat duduk, Lodaya Lebaran Malam relasi Solo Balapan-Bandung dengan kapasitas 456 tempat duduk.

Selain itu, juga dijalankan kereta Sancaka Lebaran relasi Yogyakarta-Gubeng Surabaya dengan kapasitas 456 tempat duduk dan Jaka Tingkir relasi Purwosari-Pasar Senen dengan kapasitas 896 tempat duduk.

Bambang mengingatkan agar masyarakat meneliti jam keberangkatan yang tertera di tiket karena per 1 Juni, PT KAI akan menjalankan Grafik Perjalanan Kereta (Gapeka) yang baru.

"Penumpang diharapkan sudah berada di stasiun satu jam sebelum kereta diberangkatkan. Nama yang tercantum di tiket harus sesuai dengan nama penumpang yang berangkat dibuktikan dari kartu identitas diri," katanya.

(E013)


Pewarta: Eka Arifa Rusqiyati
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014