...Pak Dahlan Iskan memperoleh tertinggi yakni 17,8 persen
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan menjadi pemenang konvensi 11 calon presiden dari Partai Demokrat yang telah berlangsung sejak September 2013.

Ketua Komite Konvensi Partai Demokrat, Maftuh Basyuni, seusai penyerahan hasil survei kepada peserta konvensi di Jakarta, Jumat, mengatakan, hasil survei yang dilakukan oleh tiga lembaga menyimpulkan peserta dengan poin tertinggi adalah Dahlan Iskan.

"Hasil survei dari tiga lembaga survei tersebut menyimpulkan, Pak Dahlan Iskan memperoleh tertinggi yakni 17,8 persen," katanya.

Mahtuh menjelaskan, ketiga lembaga survei tersebut, adalah LSI, Mark Plus, dan Populi yang melakukan survei dari beberapa aspek mengenai 11 peserta.

Namun, ketika ditanya kriteria apa saja yang disurvei, Maftuh mengatakan tidak hafal.

"Nanti sajalah tunggu pengumuman resmi yang akan disampaikan oleh Majelis Tinggi Partai Demokrat, di kantor DPP Partai Demokrat, sore ini," katanya.

Mantan Menteri Agama ini menegaskan, tugas Komite Konvensi adalah mencari satu nama peserta yang popularitas dan elektabilitasnya tertinggi.

Pada penyelenggaraan konvensi calon presiden Partai Demokrat, selama enam bulan, ternyata, peserta yang popularitas dan elektabilitasnya tertinggi adalah Dahlan Iskan.

Apakah Dahlan Iskan akan diusung sebagai calon presiden atau calon wakil presiden, masih belum pasti, karena kewenangannya ada pada Majelis Tinggi Partai Demokrat.

Acara penyerahan hasil survei di kantor Komite Konvensi Partai Demokrat di Jakarta, hanya dihadiri tiga dari 11 peserta konvensi, yakni Anis R Baswedan, Dino Patti Djalal, dan Irman Gusman.

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014