Arsenal juara Piala FA

Arsenal juara Piala  FA

Aaron Ramsey mengakhiri paceklik gelar Arsenal selama bertahun-tahun lewat satu gol penentu kemenangan Arsenal dalam final Piala FA melawan Hull City (AFP)

Jakarta (ANTARA News) - Aaron Ramsey mengantarkan Arsenal meraih trofi pertamanya dalam kurang dari sembilan tahun terakhir setelah pada final Piala FA melawan Hull City di Stadion Wembley, menang susah payah 3-2 dalam laga yang berlangsung 120 menit dini hari ini.

Ini adalah gelar kedua Arsenal sejak delapan tahun, 11 bulan dan 25 hari silam sejak Patrick Vieira mengantarkan The Gunners menjuarai Piala FA pada 2005.

Arsene Wenger yang nasibnya ditentukan oleh laga di Piala FA ini sempat harus menahan nafas ketika Arsenal tertinggal 0-2 dalam 17 menit pertama pertandingan ini.

Arsenal sudah kemasukkan pada menit ketiga lewat gol James Chester yang diawali  set-piece Stephen Quinn yang melepaskan tendangan bebas yang diarahkan kepada Tom Huddlestone di tepi kotak penalti.

Mantan pemain Tottenham ini melancarkan tendangan voli dan membentur tumit Chester sehingga Lukasz Fabianski mati langkah dan harus membiarkan bola masuk ke gawangnya.

Hull menggandakan gol ini pada menit 8 lewat Curtis Davies yang juga meneruskan set-piece yang kali ini dirancang David Meyer untuk disambut Alex Bruce dengan tandukan dan ditepis Fabianski. Bola halauan kiper Arsenal ini disambut Davies untuk dikonversinya menjadi gol dari sudut sempit.

Tujuh menit setelah itu pada menit 17, Arsenal mencetak gol lewat Santi Carzola yang melepaskan tendangan voli menakjubkan usai mengeksekusi tendangan bebas yang disebut BBC.com sebagai tendangan bebas terbaik di Wembley setelah Paul Gascoigne melakukannya ke gawang Arsenal pada semifinal Piala FA 1991.

Memasuki babak kedua, Arsenal kian gencar menyerang, namun baru pada menit 71 bisa menyamakan kedudukan lewat Laurent Koscielny yang memanfaatkan bola liar dari sundulan Bacary Sagna yang membentur Giroud untuk jatuh di depan kaki Koscielny. Alan McGregor berusaha menutup ruang tembak Koscielny namun gagal.

Gol ini membuat Arsenal menjadi tim pertama dalam 8 tahun terakhir yang berhasil bangkit akibat ketinggalan di babak pertama final Piala FA setelah Liverpool melakukannya pada 2006.

Arsenal terus menyerang, namun kedudukan 2-2 tidak berubah sampai 90 menit waktu normal usai, sehingga pertandingan dilanjutkan ke babak tambahan.

Akhirnya penantian juara bertahun-tahun Arsenal ditentukan oleh gol Aaron Ramsey pada menit 109 atau hanya tiga menit menjelang laga usai.

Sentuhan tumit belakang Olivier Giroud yang cerdas diteruskan kepada Aaron Ramsey dan pemain Wales ini melepaskan tendangan first-time yang melewati Allan McGregor masuk ke gawang Hull. Gol yang indah dan tak bisa dibalas Hull sehingga Arsenal pun juara Piala FA.

Susunan pemain:
Arsenal
: Lukasz Fabianski, Bacary Sagna, Per Mertesacker, Laurent Koscielny, Kieran Gibbs, Mikel Arteta, Lukas Podolski (Yaya Sanogo), Mesut Özil (Jack Wilshere), Aaron Ramsey, Santi Cazorla (Tomas Rosicky), Olivier Giroud

Hull City: Allan McGregor, Alex Bruce (Paul McShane), James Chester, Curtis Davies, Liam Rosenior (George Boyd), David Meyler, Tom Huddlestone, Jake Livermore, Ahmed Elmohamady, Matty Fryatt, Stephen Quinn (Sone Aluko)

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2014

Komentar