Boyolali (ANTARA News) - Persentase kelulusan ujian nasional (UN) tingkat SMA/SMK/MA 2014 di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, mencapai 99,97 persen dari total 9.725 peserta kata Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Abdul Rohman.

Ia mengatakan, di Boyolali, Senin, sebanyak 9.722 siswa lulus UN, sementara tiga siswa dinyatakan tidak lulus yakni seorang siswa SMA jurusan IPS dan dua lainnya dari MA.

"Jumlah kelulusan tahun ini, mengalami peningkatan sekitar 0,87 persen dibanding kelulusan UN tahun sebelum," kata Abdul Rohman.

Menurut dia, hasil ujian nasional tingkat SMA/SMK/MA tersebut akan diumumkan secara serentak di sekolah masing-masing, Selasa (20/5).

"Pengumuman hasil UN setiap sekolah memiliki teknis masing-masing. Ada sekolah yang hasil UN langsung diantar ke rumah siswa pada sore harinya," katanya.

Hasil UN yang diantar ke rumah siswa tersebut sebagai langkah antisipasi terhadap kejadian yang tak diinginkan. Ia pun meminta kepada sekolah untuk melakukan pengawasan kepada siswa.

"Hal ini, dapat mengantisipasi euforia siswa yang berlebihan atas kelulusan mereka," katanya.

Selain itu, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Kepolisian Resor Boyolali menurunkan tim untuk memantau jika ada arak-arakan di jalan untuk merayakan kelulusan.


Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014