Manila (ANTARA News) - Sebanyak 94 pemberontak sayap kiri dan pendukung mereka menyerah kepada militer Filipina sejak pekan lalu, kata seorang pejabat militer, Senin.

Mayjen Ricardo Visaya, Komandan Divisi Infantri Ke-4 Angkatan Darat Filipina, mengatakan kebanyakan anggota kelompok pemberontak sayap kiri, Tentara Rakyat Baru (NPA), yang menyerah berasal dari Provinsi Agusan del Sur di Filipina Selatan.

Visaya juga mengatakan pemberontak yang menyerahkan diri meliputi 14 anak di bawah umur, demikian laporan Xinhua. Pemberontak sayap kiri itu membawa serta 90 senjata api dari bermacam jenis.

Ia mengatakan penyerahan diri 94 pemberontak sayap kiri dan pendukung mereka tersebut makin memperlemah kekuatan NPA di Filipina Selatan. Menurut perkiraan belum lama ini, jumlah gerilyawan NPA di Mindanao Utara berkisar 800 sampai 900.

NPA, yang memiliki kekuatan 4.000 personel dan merupakan sayap militer Partai Komunis Filipina, melancarkan perang gerilya sayap-kiri selama 45 tahun di 60 provinsi di Filipina.

(C003)


Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014