Madrid (ANTARA News) - Laga final Liga Champions antara Real Madrid dan Atletico Madrid di Lisbon hari Sabtu lusa adalah pertemuan pertama dua tim satu kota pada final turnamen itu.

Berikut lima derby Madrid terbaik sepanjang masa antara juara sembilan kali Liga Champions versus juara La Lagi, pilihan AFP Sports:

Real Madrid 2, Atletico Madrid 1, semifinal Piala Eropa 13 Mei 1959
    Tiga pertandingan diperlukan untuk menentukan satu-satunya pertemuan awal antara kedua tim dalam kompetisi Eropa pada semifinal Piala Eropa 1959.
    Real menang 2-1 pada leg pertama di Santiago Bernabeu sebelum Atletico menyamakannya dua pekan kemudian dengan menang 1-0.
    Pada hari-hari sebelum aturan gol tandang diberlakukan, Real memenangi laga play-off yang diadakan di Zaragoza dengan skor 2-1 berkat gol pemain legendaris Alfredo di Stefano dan Ferenc Puskas untuk meretas jalan menjuari kompetisi ini untuk keempat kali berturut-turut.

Atletico Madrid 3, Real Madrid 1, final Copa del Rey final, 26 Juni 1960
    Atletico membalas dendam dengan mengalahkan Real ketika di akhir masa emas mereka dengan menjuarai Copa del Rey pertama kalinya setelah menang 3-1 di final.
    Pada laga yang berlangdung di Bernabeu ini Atletico ketinggalan lebih dulu dari Real berkat gol Pusksas, namun membalikkan keadaan menjadi menang berkat gol-gol dari Enrique Collar, Miguel Jones Castillo dan Joaquin Peiro.

Real Madrid 1, Atletico Madrid 3, La Liga, 30 Oktober 1999
    Pada musim yang disebut terburuk dalam sejarah Atletico di mana mereka terdegradasi dari La Liga, ada satu momen kejayaan Los Rojiblancos ketika salah satu dari hanya sembilan kemenangan di liga saat itu dipetik di Bernabeu berkat dua gol Jimmy Floyd Hasselbaink dan Jose Mari setelah Fernando Morientes menciptakan gol pembuka untuk Real.

Atletico Madrid 1, Real Madrid 4, La Liga, 10 April 2012
    Butuh kemenangan untuk menghindarkan Barcelona asuhan Pep Guardiola merengkuh gelar La Liga keempat kalinya, Real bertandang ke kandang Atletico dan meraih kemenangan berkat trigol Cristiano Ronaldo.
    Pertandingan ini tidaklah mudah karena Atletico sempat menyamakan kedudukan lewat Radamel Falcao, namun Ronaldo merestorasi keunggulan sebelum menciptakan trigol dari sebuah tendangan penalti dan sebuah gol dari Jose Maria Callejon.

Real Madrid 1, Atletico Madrid 2, final Copa del Rey 17 Mei 2013
    Kekalahan 1-4 di Calderon setahun sebelumnya adalah derbi Madrid pertama pada masa Diego Simeone menukangi Atletico dan dampak transformatifnya akhirnya terbayar dengan kemenangan pertama Atletico dari Real dalam 14 tahun, dalam final Copa del Rey musim lalu.
    Kembali Atletico terpaksa tertinggal lebih dulu di Bernabeu akibat sundulan Ronaldo, namun Diego Costa dengan cepat menyamakan kedudukan, lalu Miranda mengantarkan Atletico meraih trofi ketiganya pada masa 18 bulan Simeone melatih tim ketika dia menyambut umpan silang Koke pada waktu tambahkan, demikian AFP.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014