New Delhi (ANTARA News) - India menyatakan konsulatnya di Kota Herat, Afghanistan, telah diserang oleh beberapa pria bersenjata, Jumat.

Semua personel Konsulat India dilaporkan selamat.

"Pada pagi ini, Konsulat India di Herat telah diserang. Semua personel India selamat. ITBP (prajurit paramiliter) kami yang pemberani telah mematahkan serangan itu dan tentara Afghanistan juga telah bergabung dengan mereka. Operasi tersebut masih berlangsung dan seorang pria bersenjata telah ditembak," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri India Sayed Akbaruddin kepada media di Ibu Kota Nasional India, New Delhi, sebagaimana dikutip Xinhua.

Stasiun televisi lokal melaporkan bahwa serangan mulai terjadi pada pukul 03.25 waktu setempat, Jumat, meski pun tidak jelas bagaimana beberapa pria bersenjata bisa memasuki gedung Konsulat India.

Serangan itu terjadi pada hari Perdana Menteri Pakistan diperkirakan memutuskan apakah akan menghadiri upacara pengambilan sumpah Perdana Menteri terpilih India Narendra Modi.

Presiden Afghanistan Hamid Karzai telah menerima undangan Modi  untuk menghadiri upacara pada Senin, demikian pula sejumlah pemimpin negara-negara di Asia Selatan.

(C003)


Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014