Jakarta (ANTARA News) - Sergio Ramos memaksa laga final Liga Champions antara Real Madrid melawan Atletico Madrid dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu  setelah dia menciptakan gol balasan pada tiga menit dari waktu normal 90 menit di Lisbon, Portugal, Minggu dini hari ini.

Luca Modric melepaskan tendangan penjuru yang dengan cantik disambut sundulan Ramos yang mengarahkan bola ke sudut kanan gawang Atletico untuk mengubah kedudukan menjadi 1-1.

Atletico lebih dulu unggul pada menit 36 setelah pemain Real Madrid Raphael Varane memenangkan pertarungan udara namun bola malah diteruskan oleh sundulan pemain Atletico Francisco Juanfran.

Diego Godin lalu mengalahkan Sami Khedira dalam duel udara untuk menjaringkan bola dengan mengecoh Iker Casillas yang sudah kelewat maju.  Kiper Madird itu berusaha mengejar dan menepis bola, namun bola sudah terlanjur melewati garis gawang.

Pertandingan final Liga Champions antara Real Madrid melawan Atletico Madrid ini sendiri berlangsung ketat menjurus keras, sementara Diego Costa harus ditarik pada menit 9 karena cedera hamstring untuk digantikan Adrian Lopez.

Pada babak kedua, permainan menjurus keras tak berkurang, sebaliknya pola main seperti ini membuat Gabi diganjar kartu kuning pada menit 48 ketika dia melanggar Luca Modric.

Tiga menit dari itu, tendangan first time Raul Garcia yang didahului umpan Koke, melenceng dari target, sementara upaya gol Cristiano Ronaldo yang meneruskan sebuah tendangan penjuru membentur barisan belakang Atletico untuk menciptakan tendangan penjuru lainnya.

Pada menit 57, bola terusan dari sundulan Koke disambut Adrian Lopez di dalam kotak penalti, namun Sami Khedira berhasil menghalaunya sehingga bola melebar dari tiang gawang Madrid.

Kesulitan membongkar pertahanan Atletico, Carlo Ancelotti memasukkan dua pemain secara bersamaan pada menit 59 ketika Isco masuk menggantikan Khedira dan Marcelo menggantikan Fabio Coentrao.

Tiga menit setelah ini, Ronaldo hampir menciptakan gol untuk Madrid, namun sundulannya setelah memanfaatkan umpan silang Sergio Ramos masih melebar dari gawang Atletico. Ini adalah salah satu peluang terbagus Madrid.

Pada menit 67 giliran Isco yang gagal menciptakan gol setelah tendangannya usai mengolah umpan Karim Benzema melebar kendati dia berhasil mengatasi kawalan Gabi.

Enam menit kemudian Gareth Bale menciptakan peluang bagus keduanya setelah dia melakukannya pada babak pertama.  Dia menendang bola sambil berlari namun bola masih melebar dari gawang Atletico.

Bale kembali mencoba peruntungannya pada menit 78 ketika dia belari kencang melewati Diego Godin di kanan. Dia sudah melalui Thibaut Courtois namun tendangannya lagi-lagi menyamping dari gawang Atletico.

Tak kunjung menciptakan gol, Ancelotti kemudian menarik Benzema untuk digantikan Alvaro Morata, sebaliknya pelatih Atletico Diego Simeone menukar Filipe Luis dengan Toby Alderweireld guna memperkokoh barisan pertahanannya. 

Tapi Sergio Ramos lah yang berhasil menghidupkan peluang Madrid lewat gol keenamnya dalam tujuh penampilan terakhirnya dalam berbagai kompetisi sehingga laga ini pun dilanjut ke babak perpanjangan waktu, demikian UEFA.com.

Susunan pemain:
Real Madrid
: Iker Casillas, Raphael Varane, Sergio Ramos, Fabio Coentrao (Marcello), Daniel Carvajal, Sami Khedira (Isco), Luka Modric, Angel Di Maria, Cristiano Ronaldo, Karim Benzema (Alvaro Morata), Gareth Bale

Atletico Madrid: Thibaut Courtois, Diego Godín, Filipe Luis (Toby Alderweireld), Francisco Juanfran, Miranda, Tiago, Koke, Raul Garcia (Jose Ernesto Sosa), Gabi, David Villa, Diego Costa (Adrian Lopez)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014