Dan saya menyetujuinya. Tinggal melengkapi administrasi yang diperlukan guna melatih PS Freeport yang akan ikut berpartisipasi di Piala Nusantara wilayah Papua..."
Jayapura (ANTARA News) - Pelatih sepak bola Robby Maruanaya mengaku sejak pekan kemarin dirinya mulai didekati oleh klub lokal asal Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, PS Freeport yang pernah berlaga di Divisi III.

"Empat hari lalu saya ditelepon salah satu petinggi manajemen PS Freeport Pak Jhon Rumainum untuk meminta saya tangani tim tersebut. Dan Sabtu (24/5) saya sudah bertemu dengan pelatih sementara PS Freeport Pak Alberth Korano," katanya kepada Antara di Jayapura, Papua, Minggu.

Menurutnya, PS Freeport sangat tertarik menggunakan jasanya untuk menangani tim yang pernah merger dengan PS Mimika itu beberapa waktu lalu. "Dan saya menyetujuinya. Tinggal melengkapi administrasi yang diperlukan guna melatih PS Freeport yang akan ikut berpartisipasi di Piala Nusantara wilayah Papua dalam waktu dekat ini," katanya.

Ketika disinggung bagaimana dengan mantan klubnya Perseru Serui, Robby Maruanaya yang pernah membawa PSBL Bandar Lampung promosi ke Divisi Utama pada 14 tahun lalu itu enggan memberikan komentar. "Soal itu saya tidak mau komentar. Nanti ada saatnya saya sampaikan ke teman-teman media," katanya.

Pelatih bertubuh subur itu mengatakan saat ini akan fokus dengan penawaran yang dilakukan oleh PS Freeport. "Sementara ini saya akan fokus dengan job yang baru. Yang menurut saya ini sangat cepat tawaran yang dipercayakan kepada saya. Karena selain akan menangani PS Freeport saya juga nanti dipercayakan untuk merekrut anak-anak Papua membentuk tim U-19 dan mengajak bertanding Timnas U-19 di Papua," katanya.

Robby Maruanaya sampaikan jika dirinya sudah 90 persen bakal menangani tim PS Freeport, sehingga berencana melakukan penambahan pemain yang sesuai dengan kebutuhan tim. "Pak Alberth Korano sampaikan jika PS Freeport sudah seleksi 25 pemain, mungkin akan saya tambahkan lagi sesuai dengan kebutuhan tim," katanya.

Sebelumnya Robby Maruanaya adalah pelatih Perseru Serui di Liga Super Indonesia. Mantan pemain Persipura era 1979-1980-an dan pernah masuk skuad Timnas senior itu pernah melatih Persiwa Wamena, Persewar Waropen, Persimi Sarmi dan pernah menjadi asisten palatih Yusak di Deltras Sidoarjo.

Sementara itu Alberth Korano, pelatih sementara PS Freeport mengakui jika dirinya diutus oleh manajemen untuk berbicara dengan pelatih Robby Maruanaya guna menangani tim tersebut. "Pak Robby sudah setuju. Jadi ini tinggal selangkah lagi kami jalin kerjasama untuk membawa PS Freeport berlaga di Piala Nusantara," katanya. (*)

Pewarta: Alfian Rumagit
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014