Yogyakarta (ANTARA News) - Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta bekerja sama dengan Indonesia Off Road Federation (IOF) pengurus daerah setempat akan menggelar "Jogjakarta Off Road Challange 2014" di Kabupaten Gunung Kidul, 30 Mei-1 Juni.

Kasi Standarisasi Produk Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Jufri di Yogyakarta, Selasa, mengatakan "Jogjakarta Off Road Challange 2014" merupakan yang ketiga kalinya digelar, dan selama ini banyak diminati kalangan "off roader" dari seluruh Indonesia.

"Sebanyak 40 peserta bakal mengikuti Jogjakarta Off Road Challange 2014 yang digagas Dinas Pariwisata DIY bekerja sama dengan Indonesia Off Road Federation (IOF) Pengda DIY," katanya.

Yang menarik dari event ini, kata dia, para peserta akan menyusuri beberapa desa wisata di wilayah Kabupaten Gunung Kidul seperti Paliyan, Playen, Karangmojo, Sambipitu, dan berakhir di Alun-alun Kota Wonosari.

"Event ini menggabungkan sisi pariwisata dengan olah raga, sehingga akan menjadi event yang unik dan menantang," kata Jufri.

Menurut dia, bagi Dinas Pariwisata DIY dengan memfasilitasi event ini, sekaligus memberi wadah dan ruang bagi para hobies olah raga petualangan seperti dalam kegiatan Jogjakarta Off Road Challange akan semakin positif.

"Kegiatan Jogjakarta Off Road Challange juga memberi edukasi bagi para peserta, karena selama lomba berlangsung, mereka tidak boleh merusak lingkungan, misalnya menebang pohon, harus disiplin sampai finish, dan mendorong masyarakat untuk cinta lingkungan," katanya.

(H008/M008)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014