Islamabad (ANTARA News) - Pemerintah India telah membebaskan 37 tahanan Pakistan dan menyerahkan mereka ke Pemerintah Pakistan di Wagah, tempat penyeberangan di perbatasan kedua negara, kata beberapa pejabat.

Tahanan yang dibebaskan antara lain meliputi 32 nelayan yang sudah selama hampir 16 bulan mendekam di berbagai penjara di seluruh India.

Juru Bicara Kantor Urusan Luar Negeri Pakistan Tasnim Aslam memberitahu media bahwa 484 tahanan Pakistan, termasuk 136 nelayan, masih berada di dalam penjara India.

"Di antara mereka, 25 tahanan sudah menyelesaikan masa tahanan mereka dan menunggu dipulangkan," kata Aslam sebagaimana dikutip kantor berita Xinhua, Sabtu.

Pada 26 Mei, Pakistan menyerahkan lebih dari 151 tahanan termasuk 150 nelayan serta 57 perahu penangkap ikan mereka ke Pemerintah India sebagai isyarat itikad baik sebelum kunjungan Tasnim Asnam ke New Delhi.

Tindakan Pakistan tersebut mendapat sambutan baik dari India dan sekarang New Delhi meresponsnya dengan menyerahkan tahanan Pakistan di pos penyeberangan Wagah.

Semua nelayan dari kedua negara biasanya ditahan dengan tuduhan melanggar batas wialyah perairan.

"Masalah tahanan di negara kami masing-masing adalah masalah kemanusiaan dan mesti ditangani dengan semangat itu dan harapan kami Pemerintah India akan membebaskan tahanan Pakistan yang telah menyelesaikan masa tahanan mereka," kata juru bicara tersebut.

(Uu.C003)

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014